Jumat, 29 Maret 2024

Agustusan, akan Ada Drama Kolosan di Kota Batam

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 72 di Batam akan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Salah satunya dengan drama kolosal yang menceritakan perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Seluruh peran itu akan disuguhkan oleh unsur TNI yang ada di kota ini.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan upacara HUT RI tahun ini akan dipusatkan di Dataran Engku Putri. Pembenahan Dataran Engku Putri pun telah dilakukan untuk peringatan HUT RI.

“Tahun ini akan kita buat lebih meriah. Kita buat beda dari tahun sebelumnya,” kata Rudi di Kantor Pemko Batam, Sabtu (29/7).

Menurut dia, pada puncak peringatan akan diisi berbagai atraksi dari unsur TNI yang ada di Batam. Tujuannya untuk membangkitkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.

“Supaya ada kebanggaan pada diri kita terhadap negara bisa bangkit kembali. Detailnya dijelaskan Pak Dandim,” ujar Rudi.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat mengibarkan bendera sepanjang bulan Agustus. Sesuai arahan pemerintah pusat melalui surat edaran Sekretaris Negara.

“Pengibaran bendera 1-31 Agustus di setiap kantor dan rumah warga. Jadi saya harap semuanya bisa memasang bendera,” jelas Rudi.

Sementara, Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Dwi Sasongko yang diwakili Pasi Intel Kodim Kapten Inf Purba mengatakan pada hari H akan ada berbagai atraksi. Sebelum upacara dimulai, akan ada drama kolosal yang mengisahkan perjuangan pahlawan dari Provinsi Kepulauan Riau.

“Drama kolosal ini melibatkan prajurit TNI dari Yonif 136 Raider, Yonif 10 Marinir, Lanal, dan anak sekolah,” kata Purba.

Tak hanya itu, acara akan berlanjut usai upacara yakni atraksi penurunan bendera di salah satu bangunan tertinggi di sekitar Engku Putri. Kemudian penampilan marching band serta koloni senapan, dan yel-yel.

“Juga akan ada poco-poco yang melibatkan Pak Walikota, FPKD, peserta upacara, dan masyarakat,” pungkasnya. (she)

Update