Kamis, 25 April 2024

Tiga JCH Karimun Sempat Dirawat RSOB

Berita Terkait

Pelepasan JCH Karimun disambut dengan salaman oleh sanak saudara maupun masyarakat Karimun yang ikut menyaksikan pelepasan JCH menuju pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Sebanyak 186 orang Jamaah Calon Haji (JCH) kabupaten Karimun, dilepas langsung oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq dengan pemberian tepung tawar, Sabtu (30/7) lalu. Bupati berpesan, kepada seluruh JCH asal kabupaten Karimun supaya menjaga kekompakan saat menjalankan ibadah di tanah suci.

”Selamat menunaikan ibadah haji kepada bapak-bapak dan ibu-ibu. Jaga kesehatan disana,” ungkapnya.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakamenag) Karimun Aprizal mengatakan, bahwa total Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun pada tahun 2017 sebanyak 209 orang. Dari 209 jamaah tersebut, hanya 23 orang yang membatalkan keberangkatan atau menunda dengan alasan sakit sebanyak 10 orang, meninggal 5 orang dan alasan lainnya sebanyak 8 orang.

”Totalnya JCH Karimun sebanyak 186 orang ditambah 2 orang JCH dari Provinsi Sumatera Utara,” ungkapnya.

Sedangkan, JCH Karimun yang sudah tiba di asrama haji Batam, kemarin (30/7) ada tiga orang yang dirawat di RSOB yaitu Miswan berasal dari Kundur Barat, Ambo Alwi dari Tebing dan Sutini Juwitan asal Durai yang terjadi gangguan kesehatan. Namun, pada siang harinya kedua JCH Karimun yaitu Miswan dan Sutini sudah kembali ke asrama Haji.

”Alhamdulillah, ketiga JCH kita yang sempat dirawat jadi di berangkatkan. Mudah-mudahan, sehat-sehat saja para JCH kita saat melaksanakan ibadah haji nanti,” tuturnya.

Lanjutnya, JCH Karimun yang bergabung dengan kota Batam, kabupaten Bintan, kabupaten Lingga, kabupaten Natuna dan kabupaten Kepulauan Anambas masuk dalam kloter pertama menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlane melalui embarkasi Batam pukul 23.00 WIB tadi malam.

Sedangkan 2 JCH Karimun nantinya akan menyusul pada 25 Agustus mendatang di kloter 27 atau kloter terakhir. Dari 188 orang jamaah, yang berasal dari Kecamatan Karimun ada 25 orang, Meral 25 orang, Tebing 29 orang, Meral Barat 4 orang, Kundur 62 orang, Kundur Barat 16 orang, Moro 6 orang dan Durai 7 orang.

” Ada JCH 4 orang yang menggunakan kursi roda yang didampingi oleh makromnya masing-masing,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, pelepasan JCH tersebut disambut dengan salaman oleh sanak saudara maupun masyarakat Karimun yang ikut menyaksikan pelepasan JCH menuju pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun.(tri)

Update