Kamis, 28 Maret 2024

BKKBN Kepri Mantapkan Peran Penyuluh Lapangan

Berita Terkait

Ilustrasi

batampos.co.id – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat terus berupaya untuk memperkuat peran penyuluh lapangan Keluarga Berencana (KB) di Provinsi Kepri.

“Sebanyak 22 orang penyuluh dan petugas lapangan keluarga bencana (KB) dari Tanjungpinang dan Kabupaten Natuna beralih status. Karena sudah diserahkanterimakan ke BKKBN Pusat,” ujar Sekretaris Utama BKKBN Pusat, Nofrizal disela-sela kegiatan serahterima di Hotel CK, Tanjungpinang, Senin (31/7).

Dijelaskannya, dari Tanjungpinang ada 18 petugas dan penyuluh. Kemudian 4 petugas dan penyuluh dari Kabupaten Natuna. Menurut Nofrizal, idealnya adalah satu petugas atau penyuluh menangani satu desa. Akan tetapi, kekurangan jumlah Sumber Daya Mansuaia (SDM) menjadi kendala dalam memaksimalkan peran penyuluh di tengah-tengah masyarakat.

“Kami akan memprioritaskan tenaga petugas dan penyuluh kalau ada rekrutan dari BKKBN Pusat. Dengan itu, Kepri dapat petugas dan penyuluh lebih banyak lagi. Karena sekarang ini satu petugas menangani beberapa desa,” papar Nofrizal.

Sementara itu, Asisten III Pemprov Kepri, M. Hasbi yang mewakili Gubernur Kepri dalam sambutannya mengatakan, kehadiran petugas dan penyuluh bagi keluarga berencana ini patut disyukuri. Menurutnya, peran penyuluh sangat strategis dalam mengkampanyekan tentang KB.

Menurut Hasbi, keberadaan 22 petugas dan penyuluh dari Tanjungpinang dan Natuna tersebut diharapkan bisa mendukung perwujudan program KB. Hal tersebut bukan berarti tidak ada petugas dan penyuluh KB di kabupaten/kota lainnya di Kepri.

“Dalam memantapkan program KB di Provinsi Kepri, kita mengharapkan peran optimal dari penyuluh yang sudah ada,” harap Hasbi.

Turut menyaksikan jalannya kegiatan serahterima tersebut adalah Wali kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti dan Asisten III Sekreyariat Pemprov Kepri Muhammad Hasbi. Selain itu ada juga sejumlah pejabat lain hadir menyaksikan proses serah terima tersebut.(jpg)

Update