Sabtu, 20 April 2024

Gerindra Beri Sinyal Dukung Syahrul

Berita Terkait

Syahrul. F.Yusnadi/batampos

batampos.co.id – Sekretaris Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Kepri, Onward Siahaan menilai figur Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul bisa menjadi lawan yang sepadan bagi kandidat petahana, Lis Darmansyah untuk bersaing pada Pilkada Tanjungpinang 2018.

“Kita melihat elektabilitas Syharul belakangan ini sudah sebanding dengan Lis Darmansyah. Berkaca dari perkembangan tersebut, tentu Syahrul punya potensi untuk memimpin Tanjungpinang 5 tahun kedepan,” ujar Onward Siahaan menjawab pertanyaan Batam Pos, di Kantor DPRD Kepri, Tanjungpinang, Senin (31/7).

Menurut Legislator Komisi II DPRD Kepri tersebut, sejauh ini memang Syahrul belum ada melakukan komunikasi politik dengan Gerinda. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan kedepan itu akan terjadi. Apalagi banyak dukungan dari arus bawah yang menginginkan Syahrul untuk maju pada Pilwako kali ini.

“Harus diakui, nama Syahrul mulai berkibar belakangan. Dengan pengalaman birokrasi yang ia memiliki, tentu menjadi nilai. Apalagi ia juga merupakan sosok yang dekat dengan rakyat,” jelas Onward.

Wakil Rakat daerah pemilihan Batam tersebut juga mengatakan, Syahrul juga merupakan sosok yang pernah memimpin Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tanjungpinang. Menurut Onward, dirinya tidak melihat ada yang cacat dalam diri Syahrul. Atas dasar itu, ia punya keyakinan, Syahrul tidak akan melewatkan peluang untuk maju sebagai kandidat Walikota Tanjungpinang priode 2018-2023.

“Apalagi ia bukan orang politik. Meskipun demikian, ia punya visi-misi yang bagus untuk membangun Tanjungpinang kedepan,” papar Onward.

Ditambahkannya, meskipun sekarang ini sudah terbangun Koalisi Anak Pinang yang melibatkan, Partai Golkar, Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Selain itu ada juga koalisi Partai Keadilan Sejahtera dengan Gerindra (Setara).

“Koaliasi adalah menyangkut mekanisme berpoliti. Artinya tidak menutup kemungkinan, koalasi-koalisi yang sudah membentuk poros baru dengan mendukung Syahrul. Persoalan kandidat Wakilnya tentu bisa dibicarakan,” tutup Onward.

Terpisah, Akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Tanjungpinang, Endri Sanopaka menilai, nama-nama kandidat Walikota Tanjungpinang adalah bukan merupakan wajah-wajah baru. Sehingga masyarakat bisa menilai mana yang ideal atau tidaknya untuk memimpin Tanjungpinang kedepan.

“Tadinya saya prediksi akan banyak bakal calon yang mencoba peruntungan melalui Partai Hanura. Kenyataan tidak, hanya ada nama Ketua DPC Hanura M. Rona Andaka. Memang selayaknya mengikuti konvensi itu sebagai tuan rumah,” ujar Endri Sanopaka.

Selain itu, Endri juga memberikan pendapat terkait hubungan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang saat ini. Melihat dari gerak-gerik keduanya belakangan ini, besar kemungkin akan terjadi perpisahan pada Pilkda nanti. Meskipun banyak pihak yang menginginkan keduanya untuk bersanding kembali.

“Sejauh ini, kita bisa lihat dari pengambilan formulir di Hanura yang diwakili oleh pihak yang berbeda. Ini juga sinyal mereka berpisah,” papar Endri.(jpg)

Update