Jumat, 19 April 2024

Perlu Cara Efektif Tagih Piutang Pajak

Berita Terkait

batampos.co.id – Masih ada sumber potensi pendapatan lain yang bisa didulang Pemerintah Provinsi Kepri guna menambah kekuatan daerah. Anggota DPRD Kepri, Hanafi Ekra menyebutkan piutang dari pajak dan retribusi harus bisa diraup pemerintah daerah. Dari tahun ke tahun, kata dia, piutang ini terlihat belum memperlihatkan kerja serius pemerintah daerah.

“Karena itu, perlu cara efektif menagihnya, di tahun 2014 ada piutang Rp 38 miliar lebih, di 2015 ada Rp 28 miliar lebih. Ini yang harus dimanfaatkan,” ujar Hanafi, kemarin.

Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera ini menambahkan, dengan cara efektif yang digunakan, segala piutang yang tertangguhkan itu bisa dilunasi oleh pihak terkait sebelum masa tenggang 0 sampai 3 tahun.

Karena jika terus dibiarkan, dikhawatirkan justru akan menjadi beban pemerintah daerah dan membuat target pencapaian pendapatan dari sektor tersebut tidak pernah tercapai. “Soal piutang ini mesti mendapat catatan dan perhatian bagi pemerintah daerah,” pungkas Hanafi. (aya)

Update