Kawasan Bukit Tumang yang bakal diubah menjadi kawasan wisata. Lurah Raya Munzilin memperlihatkan kawasan tersebut, Selasa (1/8). F. Wijaya Satria/Batam Pos. 

batampos.co.id – Ternyata di Kelurahan Raya, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, ada salah satu kawasan yang mirip dengan Grand Canyon National Park di Amerika Serikat. Layaknya Grand Canyon, di kawasan itu juga memiliki bukit bebatuan serta danau buatan bekas galian tambang timah.

Kawasan pasca tambang seluas kurang lebih 20 hektare tersebut bernama Bukit Tumang. Sejak dahulu kawasan itu menjadi daerah eksploitasi tambang berbagai mineral Bumi seperti bauksit, biji timah dan mineral lainnya. Namun karena tersangkut perizinan, aktifitas tambang di kawasan itu tidak beroperasi lagi.

Namun Kelurahan Raya menyadari potensi Bukit Tumang bukan hanya menjadi pertambangan, tapi bukit tersebut juga memiliki keindahan dan dapat dikelola lebih baik lagi. Karenanya pada bulan lalu, Lurah Raya Munzilin Hasibuan bersama Kasi Ekbang Kelurahan Raya Wirda Wello mengajukan usulan pembangunan kawasan pasca tambang ke Provinsi.

Kunjungan tersebut disambut baik Kabid Sarana dan Prasarana Dinas PU Provinsi Kepri Hendri Yadi di Tanjungpinang. Dia juga menepati janjinya untuk menanggapi ajuan pembangunan pasca tambang yang disampaikan Munzili Hasibuan. Tak lama dari kunjungan Manzilin, tim survei terjun ke lokasi tersebut.

“Tim yang turun terdiri dari PU Provinsi, Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Dirjen SDA Kemen PU dan PR,” kata Munzilin ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (1/8) pagi.

Tim tersebut mendatangi Kelurahan Raya untuk meninjau lokasi pasca tambang yakni Bukit Tumang untuk mengambil sejumlah sample, air, tanah dan sebagainya untuk memastikan apakah wilayah tersebut dapat dikembangkan menjadi kawasan wisata.

Tim tersebut melakukan survei pengukuran, topografi dan bathimetri, survey hidrologi, hidrometri dan kualitas air, survey mekanika tanah, survey sosial ekonomi lingkungan, serta izin masuk lokasi serta rencana pariwisata yang cocok di wilayah pasca tambang di Bukit Tumang.

Lurah yang merupakan mantan atlet volly tingkat Provinsi ini menawarkan seluas lima hektare lahan yang ada di Bukit Tumang untuk dibangun menjadi kawasan wisata. Namun Munzilin menyerahkan kepada tim yang turun jika hendak membangun lebih luas dari lahan yang diajukan, karena kawasan tersebut milik Kelurahan Raya.

“Jika proyek ini berjalan, tentunya Bukit Tuman menjadi indah dan sebagai salah satu kawasan andalan wisata di Kabupaten Lingga,” ujar Munzilin.

Tak perlu jauh-jauh menikmati alam cadas nan indah ke Amerika. Grand Canyon juga ada di Kelurahan Raya yang menyajikan pengalaman berbeda dari kawasan wisata yang pernah ada di Kabupaten Lingga bahkan di Provinsi Kepulauan Riau. (wsa)

Respon Anda?

komentar