Kunjungan Wisman ke Batam Minim

Turis asal Singapura saat tiba di Pelabuhan Internasional Batam Centre. Foto: Rezza Herdiyanto/batampos.co.id

batampos.co.id – Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Kepri umumnya dan Batam khususnya, sangat minim.

Data Badan Pusat Statistik (BPS)Batam, wisman yang mengunjungi Batam periode Januari-Mei baru 598.648 kunjungan dari target 1,7 juta orang. Atau dengan kata lain, masih kurang 1.101.352 atau 1,1 juta kunjungan

Sementara data BPS Kepri, kunjungan wisman ke Kepri Januari-Juni kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) hanya 977.210 orang dari target 2,6 juta Wisman.

Di Batam sendiri, Pemko Batam tak tinggal diam. Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam Pebrialin.

Menurutnya, sejumlah kegiatan dan promosi akan digelar dalam waktu dekat. Bahkan akhir tahun, even pariwisata akan banyak.

“Agustus ini ada Nongsa Challenge, sejenis Tour De Barelang, targetnya sekitar 130 pesepeda dari berbagai negara,” imbuhnya.

Sementara itu, akhir tahun beberapa even besar seperti Kenduri Seni Melayu akan digelar. “Terkait target, kita tetap akan terus usahakan,” katanya.

Tak hanya itu, untuk menarik wisatawan ke Batam peemrintah pusat melalui Kementrian Pariwisata menyediakan tiket murah bagi wisatawan Singapura dan Malaysia. Program yang mulai digelar Agustus depan ini menyediakan sekitar 60 ribu hingga 70 ribu tiket.

“Berapanya saya belum dapat informasi lagi, tapi program ini khusus untuk weekend (akhir pekan),” pungkasnya. (cr13)

Respon Anda?

komentar