Rabu, 24 April 2024

Gubernur Panen Perdana Jagung

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengolah tanah menggunakan traktor saat melakukan kunjungan ke Pulau Kundur, Jumat (4/8).

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun Jumat 4/8 kemarin melakukan panen perdana tanaman jagung Sukmaraja di Kampung Jawa (Taihak) Desa Teluk Radang kecamatan Kundur Utara (Kuta).

Jagung Sukmaraja yang dikembangkan kelompok tani Kundur Utara sendiri merupakan faritas unggul dengan pedampingan loka pengkajian teknologi dan pertanian (LPTP) provinsi Kepri.

Dalam kesempatan itu Nurdin Basirun mengapresiasi upaya petani pulau Kundur untuk terus mengembangkan tanaman palawija seperti jagung dan lainya. Dan hari ini dilakukan penan perdana tanaman jagung faritas unggul yang dibudidayakan oleh sejumlah kelompok tani. Pemerintah melalui dinas pertanian maupun LPTP terus mendukung agar kegiatan ini terus dikembangkan. Diharapkan jagung nantinya menjadi produk unggulan bagi masyarakat Kundur Utara.

“Panen jagung yang kita lakukan hari ini sebagi bukti nyata hasil kerja keras yang dilakukan sejumlah petani di Kundur Utara dengan pendampingan dari LPTP Kepri. Kita harapkan jagung faritas unggul ini dapat dikembangkan petani karena hasilnya cukup bagus,” kata Nurdin.

Sementara menurut Nasir ketua kelompok tani menyebutkan jagung Sukmaraja baru pertama kalinya dikembangkan, sebelumnya tanaman jagung manis. Jagung Sukmaraja sendiri untuk pakan ternak, dan hasilnya lumayan bagus satu hektarnya menghasilkan 3 ton jagung. Hanya saja keluhan yang dirasakan petani masalah ketersediaan pupuk kimia subsidi yang sulit diperoleh.

Pengelolaan jagung Sukmaraja sendiri didampingi langsung dari LPTP mulai dari pra panen hingga pasca panen. Bahkan masalah pupuk kimia juga langsung dibantu dari LPTP, kami harapkan agar pemerintah memudahkan ketersediaan pupuk kimia subsidi. (ims)

 

Update