14 Odha, Satu Orang Usia Anak

Ilustrasi penderita HIV/AIDS. Foto: istimewa

batampos.co.id – Hingga tahun ini penderita HIV AIDS di Kabupaten Lingga berjumlah 14 orang. Jumlah ini bersadarkan data yang dimiliki Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga yang diungkapkan dalam kegiatan kebijakan program pengendalian dan gambaran HIV dan AIDS di Kabupaten Lingga yang di gelar di Hotel One belum lama ini.

Menurut Kepala Bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Lingga, Maliana mengatakan, dari 14 penderita HIV tersebut ada salah seorang yang termasuk dalam kelompok usia 15 tahun ke bawah dengan jenis kelamin laki-laki.

Sedangkan Odha lainnya berdasarkan kelompok umur 25 tahun hingga 29 tahun berjumlah 4 orang. Dengan jenis kelamin empat Odhan berumur 25 tahun hingga 29 tahun tersebut yakni berjenis kelamin laki-laki dua orang dan jenis kelamin perempuan dua orang penderita.

Lebih lanjut, jumlah Odha dengan kelompok umur dari 30 tahun hingga 34 tahun di Kabupaten Lingga juga berjumlah empat orang penderita. Dengan spesifikasi jenis kelamin, tiga orang laki-laki dan satu orang berjenis kelamin perempuan.

Sedangkan kelompok usia 40 tahun hingga 44 tahun berjumlah tiga penderita yakni dengan jenis kelamin satu orang laki-laki dan dua orang perempuan. Sedangkan kelompok usia 45 tahun hingga 49 tahun satu orang berjenis kelamin perempuan.

Begitu juga Odha dengan kelompok umur 50 tahun hingga 54 tahun berjumlah satu orang dengan jenis kelamin perempuan.

“Upaya unggulan yang dilakukan sementara ini tetap memperhatikan kelompok masyarakat yang rentan atau populasi kunci, menghormati harkat dan martabat odha,” ujar Maliana.

Selain itu, tindakan yang dilakukan menyediakan dan menyebarluaskan informasi yang akan berdampak pada menciptakan suasana kondusif untuk mendukung upaya penanggulangan HIV dan AIDS. (wsa)

Respon Anda?

komentar