Selasa, 19 Maret 2024

300 Lebih Pasien Gangguan Mata Berhasil Dioperasi

Berita Terkait

Tim dokter mata RSUD M Sani saat sedang mengoperasi mata salah satu pasien penderita gangguan kesehatan mata di ruang operasi. F. Humas RSUD M Sani untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani, terus melengkapi fasilitas medis untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Kabupaten Karimun maupun daerah lainnya. Kali ini, alat operasi mata sudah beroperasi sejak awal tahun 2017 lalu.

”Inilah komitmen kita untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Secara bertahap kita lengkapi fasilitas yang ada, sehingga tidak perlu lagi operasi keluar daerah,” kata Direktur RSUD H Sani Zulhadi, Minggu (6/8).

Sebenarnya alat operasi mata tersebut sudah diadakan akhir tahun 2016 lalu, namun dioperasikan awal tahun 2017 kemarin. Dan hingga sampai sekarang, jumlah pasien yang sudah dilakukan operasi mencapai kira-kira 300 pasien dengan berbagai masalah seputar mata.

”Kalau dilihat rata-rata kasusnya operasi katarak mata. Dan operasi mata lainnya ada tapi tidak terlalu menonjol,” tuturnya.

Masih kata Zulhadi lagi, alat operasi mata ini bisa dipergunakan untuk operasi tumor, glaukoma, pterigium dan sebagainya. Artinya, keberadaan alat operasi mata sangat bermanfaat bagi pasien yang mengalami gangguan mata ringan, sedang dan berat.

”Jadi tidak perlu ke luar daerahlah. Kalau untuk operasi mata, asalkan ikut petunjuk dokter bagi pasien yang ingin dioperasi. Terutama paska operasi, agar cepat sembuh,” pesannya.

Pantauan di RSUD Muhammad Sani, terlihat pelayanan medis mulai pendaftaran hingga proses pemeriksaan oleh dokter sudah banyak perubahan. Seperti, dalam pelayanan pendaftaran yang sudah satu tahun ini tidak membutuhkan waktu cukup lama dalam antrian.

”Sudah baguslah, pelayanan di RSUD Muhammad Sani sekarang. Cuman sistem pengambilan obat saja yang agak memakan waktu lama,” ungkap Rika salah seorang warga Karimun.(tri)

Update