Harga Granit Turun Tak Ganggu Ekspor

batampos.co.id – Gubernur Kepri melalui surat keputusan Nomor 385 Tahun 2017 telah menetapkan harga jual per ton berbagai jenis batu granit, baik untuk penjualan ke luar negeri, lokal atau dalam daerah dan antar pulau. Namun, dua bulan kemudian, yakni Juni Gubernur Kepri kembali mengeluarkan keputusan baru nomor 595 Tahun 2017 terkait harga jual batu granit.

”Kalau dilihat dari keputusan gubernur pada Maret dengan Juni terdapat perbedaan harga jual batu granit ke luar negeri atau ekspor. Sebagai contoh, untuk ukuran batu granit 1/4 pada Maret lalu ditetapkan dengan harga Rp 142.500 per ton. Sedangkan, pada keputusan yang terbaru Juni lalu harganya menjadi Rp 85 ribu per ton. Artinya, terdapat penurunan harga jual untuk jenis tersebut sebesar Rp 57.500,” ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Termasuk juga, kata Bupati, untuk jenis batu granit lain. Sepetrti ukuran 1/4 sampai dengan 3/4 sebelumnya Rp 171 ribu sekarang menjadi Rp 110 ribu. Kemudian, untuk ukuran 3/4 sampaui dengan 4 harga per ton Rp 171 ribu dan sekarang Rp 115 ribu. Kemudian, ukuran 1/16 sampai dengan 2 harga lama per ton sebesar Rp 142.500 sekarang menjadi Rp 110 ribu. Ukuran 4 sampai dengan 50 dan ukuran lebih dari 5 harga sebelumnya Rp171 ribu. Dan, sesuai harga yang terbaru menjadi Rp 125 ribu per ton.

”Jika harga jual batu granit untuk ekspor mengalami penurunan, tapi untuk harga jual lokal dan antar pulau mengalami kenaikan. Sebelumnya harga jual batu granit untuk lokal atau dalam wilayah Kabupaten Karimun itu per ton Rp50 ribu, sekarang menjadi Rp 70 ribu. Kemudian, untuk harga jual antar pulau sebelumnya Rp 60 ribu menjadi Rp 80 ribu. Artinya, mengalami kenaikan Rp20 ribu,” paparnya,.

Disinggung tentang tentang pencapaian PAD terkait dengan harga granit yang diturunkan, Bupati menyatakan, meski terdapat penurunan harga ekspor tapi tidak sampai memberikan dampak yang siginifikan terhadap PAD.

”Saat ini, pencapaian PAD dari sektor batu granit sebesar 54 persen dari target sebesar Rp242 miliar. Memang, untuk ekspor masih stabil, sehingga tidak menutup kemungkinan target PAD dari sektro granit ini bisa tercapai pada tahun ini. Sebagai contoh, pada tahun lalu di bulan yang sama, memang baru separoh tercapai. Tapi, mendekati aklhir tahun bisa terealisasi,” ungkapnya. (san)

Respon Anda?

komentar