Jembatan Ambruk, Warga Terpaksa Seberangi Aliran Sungai

batampos.co.id – Masyarakat Kecamatan Bunguran Batubi sudah pasrah, kondisi jembatan penyeberangan di Kecamatan menuju pusat Kabupaten yang sudah rusak parah.

Saat ini jembatan kayu hubungkan akses Kecamatan sudah tidak bisa Diseberangkan. Namun harus menyusuri aliran sungai yang rawan ancaman buaya.

“Kemarin ada mobil warga mogok di tengah sungai. Karena mesinnya kemasukan air saat seberangi aliran sungai. Karena jembatannya sudah ambruk,” kata Soleh warga setempat, Selasa (8/8).

Dikatakan Soleh, jembatan penghubung tersebut adalah akses satu – satunya masyarakat menuju pusat Kabupaten di Ranai. Dan usianya sudah sekitar 20 tahun. Wajar saja konstruksinya sudah rusak. Selama ini, belum ada perbaikan jembatan, dari kayu diperbaiki menjadi jembatan beton.

“Selama ini sering swadaya masyarakat, mengganti papan lantai jembatan. Tapi kan konstruksi nya tidak tahan lama. Apalagi aliran sungai sering kebanjiran,” ujar Soleh.

Menyikapi kondisi tersebut, Ketua Komisi II DPRD Natuna, Yohanis mengatakan, DPRD akan mendesak pemerintah agar perbaikan jembatan tersebut dibangun dengan anggaran APBD Natuna tahun 2018.

Menurutnya, jika melihat kondisi jembatan, anggaran yang diperlukan tidak begitu besar sehingga tidak harus dianggarkan oleh Provinsi maupun pusat.

“Kalau melihat kondisi jembatan, dengan anggaran daerah saja mampu. Kami akan panggil dinas Perkim untuk membahas masalah ini. Kasian masyarakat, itu jalan utama soalnya,” ungkap Yohanis.(arn)

Respon Anda?

komentar