Kamis, 25 April 2024

Jepang Belajar Penanganan Terorisme Ke Polda Kepri

Berita Terkait

batampos.co.id – Counter Terrorism Unit Japan (CTU-J) atau satuan tugas khusus bentukan pemerintah Jepang menangani permasalahan terorisme, menyambangi Polda Kepri dalam rangka belajar mengenai penanganan gerombolan para pengentar tersebut.

“Mereka datangnya kemarin (7/8), ini kunjungan pertama CTU J semenjak dibentuk ke Indonesia,” kata Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, Selasa (8/8).

Sam mengatakan beberapa agen dari CTU J, mempelajari terorisme agar dapat mengantisipasi terjadi tindakan tersebut di Jepang. Sehingga saat itu terjadi, CTU J tak lagi kagok menghadapinya. “CTU J ini terdiri dari personel polisi Jepang, yang baru dibentuk baru sekitar satu atau dua tahun ini,” ucap Sam.

Dalam pertemuan yang diadakan tersebut, Sam mengatakan banyak hal yang dibahas mengenai terorisme. Pembahasan ini mulai dari hal yang teknis seperti penindakan dan penanggulangan terhadap aksi para terorisme. Hingga juga pencegahan terorisme yang dilakukan pihak kepolisian.

“Kami jelaskan secara rinci dengan mereka, untuk pencegahan kami sebutkan bahwa perlu sosialisasi terus menerus dari satuan bimbingan masyarakat (Binmas) Polri,” ucapnya.

keinginan Jepang belajar kontra terorisme ini, tak hanya akibat makin gencar serangan gerombolan pengentar ini diseluruh dunia. Tapi juga dalam waktu dekat, Jepang akan menjadi tuan rumah penyelenggaran olimpiade. Tak ingin terjadi hal-hal yang diinginkan, oleh sebab itu mereka belajar dari negara yang ahli dalam penanganan terorisme seperti Indonesia.

“Setelah dari sini (Batam,red), rombongan CTU J ini nantinya akan menyambangi Polda lainnya. Tapi pertama ke sini (Polda Kepri),” ucap Sam. (ska)

 

Update