Peserta lomba gerak jalan beregu yang diadakan Dispora Batam dalam rangka peringatan HUT RI ke-72 di Kantor Walikota Batam, Sabtu (12/8). F. Octo Zainul Ahmad/Batam Pos

batampos.co.id – Sejak pukul 6.30 WIB, peserta lomba gerak jalan beregu sudah memadati ruas jalan di depan gedung Walikota Batam. Ya, karena pada hari Sabtu (12/8) kemarin, sebanyak ribuan peserta dari 600 regu mengikuti lomba gerak jalan beregu yang diadakan Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Batam.

Peserta yang mengikuti lomba ini berasal dari berbagai kalangan, mulai tingkat pelajar seperti SD, SMP, SMA sampai mahasiswa, anggota TNI dan Polri, ibu-ibu PKK, karyawan swasta, organisasi masyarakat dan kalangan umum lainnya.

Banyak dari peserta yang mengenakan kostum unik untuk mencuri perhatian. Seperti anggota Yonif Raider 136/TS yang mengecat wajahnya dengan cat loreng-loreng khas tentara. “Ingin memeriahkan saja,” ujar salah satu anggota Yonif Raider 136/TS, Rizal kepada Batam Pos, Sabtu (12/8).

Tak ketinggalan SMPN 37 Batam juga mengikutsertakan dua regu, regu putra dan putri untuk lomba gerak jalan ini. “Kami ingin mengambil peran dalam mengisi kemerdekaan RI ke-72,” kata guru SMPN 37, Fuad.

Kadispora Batam, Hendriana Gustini menuturkan, lomba ini merupakan suatu kegiatan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. “Kita ingin mengajak masyarakat Kota Batam untuk hidup sehat,” imbuh Hendriana.

Dengan lomba gerak jalan beregu ini diharapkan dapat meningkatkan dan menumbuhkan jiwa kesatuan dan persatuan serta menjalin tali silaturahmi antar warga Batam.

Adapun kategori lomba dan peserta adalah sebagai berikut. Di kategori 5 km, diikuti pelajar SD atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) baik putra maupun putri, anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) putri, Ibu-ibu PKK, Dharma wanita, perbankan, asuransi, perhotelan dan masyarakat umum.

Untuk rute 5 km, dimulai dari Engku Putri, Bundaran BP Batam, Kimia Farma Batamcenter, Harmoni One Hotel, GreenLand, Sekolah Global, Gedung Graha Pena dan finis di Engku Putri.

Sedangkan kategori 8 km diikuti pelajar SMA putra dan putri, anggota Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) putra dan putri. Dan di kategori 17 km, diikuti pelajar SMA putra, mahasiswa, anggota TNI, Polri, Ormas, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan SKPD putra.

Rute 8 km, dimulai dari Engku Putri, Bundaran BP Batam, Bundaran Madani, Simpang Gelael, Sekolah Harapan Utama, Simpang Franky, Sekolah Global, Gedung Graha Pena dan finis di Engku Putri.

Peserta lomba gerak jalan beregu yang diadakan Dispora Batam dalam rangka peringatan HUT RI ke-72 di Kantor Walikota Batam, Sabtu (12/8). F. Octo Zainul Ahmad/Batam Pos

Sedangkan rute 17 km diikuti pelajar putra SMA, mahasiswa, TNI dan Polri. Jalur untuk kategori 17 km dimulai dari Engku Putri, Bundaran BP Batam, Bundaran Madani, Simpang Gelael, Simpang Jam (Rumah Sakit Awal Bross), Perumahan Anggrek Mas, Simpang Kara, Simpang Franky, Sekolah Global, Gedung Graha Pena dan finis di Engku Putri.

Adapun ketentuan pemenang dinilai dari ketepatan waktu, kekompakan, keunikan kostum dan kerapian peserta. Total hadiah yang disediakan dalam lomba gerak jalan beregu ini sebesar Rp 197.500.000.

Walikota Batam, M Rudi membuka kegiatan dan diberi kehormatan untuk mengibarkan bendera tanda dimulainya lomba.

Rudi berpesan kepada peserta yang mengikuti lomba untuk mengikuti peraturan yang berlaku yang telah ditetapkan pihak panitia.

“Berlombalah dengan sportif dan sehat. Jadikan olahraga sebagai pemersatu bangsa,” tutup Rudi. (cr16)

Respon Anda?

komentar