Jumat, 19 April 2024

Panasonic Besut Kursi Roda yang Bisa Jalan Sendiri

Berita Terkait

batampos.co.id – Panasonic bersiap meyambut Olimpiade 2020 dengan meluncurkan kursi roda yang bisa jalan sendiri. Gadget baru itu mulai diuji coba di bandara Jepang.

Nantinya, kursi roda otomatis tersebut diperuntukkan bagi penumpang cacat yang hendak berkeliling bandara. Menggunakan sensor, kursi roda itu bisa mengantarkan penumpangnya ke toko atau gerbang keberangkatan.

Tak hanya itu, si kursi juga terhubung dengan keranjang koper bawaan plus bisa dikaitkan dengan kursi roda lain bila mereka berpergian secara berkelompok.

Bandara Haneda, di Tokyo, Jepang, adalah bandara pertama yang menjajal penggunaan kursi roda berlabel Whill Next itu. Digerakkan dengan sensor dan aplikasi, perangkat terkini bandara itu diharapkan siap digunakan pada Olimpiade 2020 di Tokyo.

”Menggunakan teknologi mobilitas dari robot HOPSI, kereta dorong ini bisa mengidentifikasi posisinya sendiri, memilih rute, dan secara otomatis berpindah sesuai tujuan yang sudah diinput di smartphone,” tulis Panasonic dalam keterangan resminya.

Didesain khusus untuk lincah bergerak di kawasan padat orang, kursi roda itu bisa kembali dan parkir di tempatnya setelah digunakan. ”Tahun ini, kursi roda ini akan diujicobakan di Bandara Haneda. Kami akan mereview keberadaannya demi mengurangi beban kerja staf serta meningkatkan kepuasan konsumen.” (*)

(tia/Daily Mail/JPC)

Update