Selasa, 23 April 2024

Karimun dapat Pasokan Beras Bulog 500 Ton

Berita Terkait

batampos.co.id – Kabupaten Karimun, telah mendapatkan pasokan beras dari Bulog sub drivre Batam Karimun sebanyak 500 ton. Sehingga pasokan beras selama Agustus ini mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Karimun.

Dengan, demikian bagi distributor sudah dapat membeli beras bulog premium untuk dijual ke pengecer maupun masyarakat langsung.

”Alhamdulillah, kita dapat jatah 500 ton dari Bulog. Dan nanti akan dilakukan penambahan beras lagi, ” jelas Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Karimun M Yosli, kemarin (13/8).

Direncanakan pihak Bulog akan menyediakan bahan-bahan pangan bagi kebutuhan masyarakat selain beras kedepannya, seperti gula, tepung dan sebagainya. Dimana Bulog dalam sistem pendistribusian atau pemasarannya bahan-bahan pangan tersebut, melalu Rumah Pangan Kita (RPK) yang bisa langsung transaksi antara masyarakat dengan pihak RPK.

”Ada terobosan baru pihak bulog. Jadi kita akan bekerjasama bagaimana teknisnya, agar bahan pangan tersebut cepat dibeli oleh masyarakat dengan harga terjangkau dan mudah,” tuturnya.

Artinya kata Yosli lagi, keberadaan RPK tersebut juga bisa membantu masyarakat untuk menjual beberapa bahan pangan. Yang direncanakan RPK nantinya akan berada di setiap Rukun Warga (RW) satu RPK. Sehingga, dapat meminimalkan potensi inflasi kedepannya, terutama di hari-hari besar keagamaan.

Selain itu bisa menjadi kontrol dan pengawasan bagi pedagang agar tidak melakukan tindakan yang akan menyebabkan lonjakan inflasi pada bahan pokok.

”Jadi ketika pedagang yang berniat akan menimbun bahan pokok agar harganya melonjak. Nantinya, ada pilihan lain bagi masyarakat dalam berbelanja kebutuhan pangan melalui RPK,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan banyak jenis beras yang beredar dipasaran baik dipasar tradisional maupun pasar semi modern atau super market dengan bentuk kemarasan berbagai merk. Dimana kemarasan tersebut, tidak mencantumkan alamat, perusahaan yang mensuplay hingga tanggal kadaluarsa tidak spesifik. Mulai dari ukuran 5 kilogram, 10 kilogram, 25 kilogram.(tri)

Update