Rabu, 24 April 2024

Lawan DBD Dengan 3M Plus

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Gerakan 3M (menguras, menutup, mengubur) plus dipercaya sebagai cara terampuh melawan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam meminta warga Batam turut andil menggalakkan gerakan tersebut.

“Tak ada yang paling baik selain 3M plus. Masyarakat kami harap lakukan ini,” ajak Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi, Minggu (13/8) siang.

Ia meminta, masyarakat memperhatikan bak-bak dan penampungan air yang jadi sarang nyamuk. Menurutnya, peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam upaya memberantas penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan nyamuk Aedes Aegypti ini.

“Kesadaran warga sangat penting,” katanya.

Ia mengatakan, dari pihaknya menambah gerakan ‘plus’ yakni dengan menggerakkan program satu rumah satu Juru Pemantau Jentik (jumantik) serta program jumantik cilik. Namun sayang, kini di lapangan gerakan ini belum terlalu nampak.

“By processlah. Bertahap kami akan terus lakukan ini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, data Balai Tehnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) kelas 1 Batam semester pertama tahun 2017 ini, lima penderita meninggal dunia dari 302 kasus.

Tahun-tahun sebelumnya, yakni tahun 2015 ada 712 kasus, lima di antaranya meninggal dunia. Sementara tahun 2016 ada 1016 kasus dengan 11 meninggal dunia.

Imbauan agar menggalakkan 3M juga, mengingat Agustus ini mulai turun.

Prakiraan cuaca Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Hang Nadim Batam menyebutkan pada bulan ini hujan akan terjadi 3 sampai 7 hari dan puncaknya dari November hingga Januari. (cr13)

Update