RSAL, Pusat Rujukan Pasien Penyakit Jantung

0
654
Tim medis RSAL sedang menangani pasien penyakit jantung. F. Yusnadi/Batam Pos.
Tim medis RSAL sedang menangani pasien penyakit jantung. F. Yusnadi/Batam Pos.

batampos.co.id – Untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr Midiyato Tanjungpinang menyediakan fasilitas khusus untuk pelayanan penyakit jantung dan menjadi pusat rujukan pasien penyakit jantung koroner di Tanjungpinang. Fasilitas yang tersedia seperti EKG, Treadmill, Ekokardiografi dan MSCT Scan 64 Slice untuk melakukan CT scan jantung.

“Adanya fasilitas tersebut, memudahkan dan sangat efektif untuk pasien jantung, sehingga mereka cepat tertangani,” ujar Kepala Departemen Saraf, jiwa dan Rehabillitasi Medik (Saware), Letkol Laut (K) dr. Benny Jovie, SpJP, usai serah terima jabatan sebagai Kepala Departemen Saware, Kamis (10/8).

Untuk kasus serangan penyakit jantung koroner (PJK), saat penanganan di rumah sakit, pasien akan langsung diperiksa di Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang selanjutnya, pada kasus berat akan dirawat di ruangan Intensive Care Unit (ICU) dan diberikan obat yang dibutuhkan sampai diputuskan oleh dokter spesialis jantung untuk tindakan lebih lanjut seperti Kateterisasi Jantung.

Untuk beberapa pasien dapat dilakukan pemeriksaan penunjang MSCT Scan jantung. Dokter spesialis jantung juga akan berkoordinasi dengan dokter spesialis radiologi untuk membantu mendiagnosis dan memberikan gambaran perencanaan untuk melakukan intervensi jantung atau perencanaan pengobatan lainnya sesuai hasil temuan diagnosis.

“Tindakan intervensi jantung adalah prosedur memasukkan kateter melalui pembuluh darah arteri lipat paha atau tangan ke dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner) dengan tujuan diagnostik atau mengetahui jenis penyakit atau mengobati penyakit atau kelainan jantung,” paparnya.

Benny menambahkan penyakit jantung koroner ditimbulkan berbagai faktor risiko seperti hipertensi, diabetes, kolesterol dan kadar lemak dalam tubuh yang tinggi sehingga menyebabkan pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah.

“Untuk menghindari penyakit tersebut, bisa dengan rutin berolahraga sesuai kemampuan, tetap menjaga kondisi tubuh tetap sehat, menjaga pola makan, mengkonsumsi buah dan sayuran dan istirahat yang cukup,” jelasnya.

Selain fasilitas tersebut, RSAL dr Midiyato juga memiliki Instalasi Radiologi dengan peralatan canggih radiologi digital, MSCT Scan 64 Slice serta dokter spesialis Radiologi yang berfungsi untuk mendianogsis suatu penyakit atas konsultasi dari dokter lainnya untuk melakukan tindakan pengobatan suatu penyakit tertentu. Selain itu Radiologi RSAL dr. Midiyato juga memiliki fasilitas kemampuan melakukan Radiologi Intervensi seperti tindakan kateterisasi arteriografi.

Dokter spesialis radiologi juga memiliki kemampuan untuk melakukan tindakan intervensi penyuntikan lokal ke tumor untuk kemoterapi kanker melalui pembuluh darah arteri. “Tindakan intervensi nonvaskuler lain seperti penyuntikan saraf terjepit atau HNP di pinggang dan leher juga dapat dilakukan sehingga mengurangi rasa nyeri,” jelas Kepala Bagian Radiologi RSAL dr Midiyato Letkol Laut (K) dr. Paralam Sinambela, Sp .Rad.

RSAL Dr. Midiyato juga akan menyiapkan Cathlab sebagai sarana melaksanakan kateterisasi jantung maupun radiologi intervensi.

“Dengan adanya fasilitas untuk penyakit jantung dan fasilitas radiologi canggih ini, maka RSAL mampu memberikan pelayanan prima kepada pasien,” pungkasnya. (odi)