Gubenur Kepri Nurdin Basirun menyematkan penghargaan Satyalancana Satya Karya pada salah satu ASN. F. Humas Pemprov Kepri.

batampos.co.id – Sebagian Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah mengabdi selama 30 tahun memprotes pemberian tanda jasa Satyalancana Satya Karya dari Presiden, yang diberikan oleh Gubernur Kepri, Nurdin Senin (14/7) di Gedung Daerah, Tanjungpinang. Padahal mereka sudah mengabdi selama 30 tahun.

“Hari ini (kemarin,red) sebanyak 157 ASN di lingkungan Pemprov Kepri mendapatkan penganugerahan Satyalancana Satya Karya. Sementara kami yang sudah mengabdi 30 tahun tidak mendapatkan tanda jasa tersebut,” ujar salah satu ASN kepada Batam Pos, kemarin.

Menurut pejabat tersebut, dirinya selama ini bekerja sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan. Bahkan ia juga tidak pernah bermasalah hukum. Tentu merasa heran, karena selama ini gelar tanda jasa tersebut, baik Satyalancana Satya Karya 10 tahun di era Presiden Megawati Soekarno Putri dan 20 tahun sudah didapatinya.

“Tentu ini yang membuat kami heran, karena dari perhitungan untuk mendapatkan tanda jasa tersebut sudah memenuhi kualifikasi yang ditentukan,” paparnya.

Dikatakannya, gelar tersebut tentunya adalah sebuah pencapaian pengabdian yang luar biasa. Ditegaskannya, ia menghormati keputusan pemberian gelar tersebut, apabila dirinya pernah melakukan kesahalan yang mencoreng nama Pemprov Kepri ataupun pernah bermasalah hukum.

“Bukan hanya saya, tetapi ada juga yang mengabdi 31 tahun juga tidak mendapatkan. Ini yang menjadi pertanyaan kami,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun ketika ditanya mengenai hal itu, mengatakan pemberian tanda kehormatan Satyalancana Satya Karya adalah melalui proses. Yakni ada tahapan verifikasi yang dilakukan, apakah ASN yang bersangkutan layak atau tidak mendapatkan gelar tersebut.

“Untuk lebih teknisnya, bisa konfirmasi langsung kepada OPD yang bersangkutan,” ujar Gubernur singkat, kemarin di Kantor DPRD Kepri, Tanjungpinang.

Terpisah, sewaktu pemberian gelar di Aula Kantor Gubernur Kepri, Gubernur Nurdin mengajak ASN untuk bekerja lebih keras lagi membawa Kepri semakin gemilang. Apa yang diraih hari ini harus lebih baik dari hari kemaren, dan esok harus lebih baik dari hari ini. “Kita harus kerja keras, kerja cerdas dan ikhlas,” ujar Nurdin disela-sela menyerahkan penghargaan.

Adapun 157 ASN penerima penghargaan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya tersebut, masing-masing untuk ASN yang telah mengabdi selama 30 tahun sebanyak 31 orang, mengabdi 20 tahun sebanyak 30 orang dan mengabdi 10 tahun sebanyak 96 orang.

Nurdin Basirun mengatakan bahwa penghargaan yang diterima para pegawai dari Negara ini menandakan bahwa para pegawai telah menunjukkan pengabdiannya dengan baik kepada negara, bangsa dan masyarakat. (jpg)

Respon Anda?

komentar