Kamis, 25 April 2024

Suhu di Tanah Suci sampai 45 Derajat Celcius

Berita Terkait

Sebanyak 445 calon jamaah haji diberangkatkan kloter pertama di PIH Batamcentre, Minggu (30/7). F. Dalil Harahap/batam Pos

batampos.co.id – Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam mengimbau kepada seluruh calon haji yang berangkat dari Batam agar benar-benar menjaga stamina sejak sebelum hingga hari keberangkatan. Pasalnya, cuaca ekstrem kini sedang melanda Arab Saudi.

Sekretaris PPIH Batam, Subandi mengatakan, beberapa hari terakhir, suhu udara di Arab Saudi mencapai 45 derajat celcius, tingkatan suhu yang tidak pernah dirasakan langsung oleh WNI sebelumnya di Tanah Air. Karena itu, kata Subandi, menjaga stamina sejak sebelum keberangkatan itu amat ditekankan.

“Kami minta kepada mereka agar juga banyak-banyak minum air putih. Sebab cuaca sepanas itu bisa membuat dehidrasi,” kata Subandi, kemarin.

Kemudian yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengikuti segala aturan yang sudah ditetapkan pemerintah Arab Saudi selama proses menunaikan ibadah Haji di sana. Sejak beberapa waktu terakhir, sambung Subandi, sudah terbit aturan agar jemaah haji mewaspadai penyebaran virus Mers-Cov yang penularannya bisa melalui unta.

“Sebisa mungkin kami juga menerangkan kepada JCH embarkasi Batam yang belum berangkat ke Tanah Suci untuk mengikuti peraturan ini,” ujar Subandi.

Sementara itu, hingga Senin (14/8) kemarin, masih ada lima calon haji asal Kepulauan Riau yang masih sakit dan mendapat perawatan medis di klinik dan rumah sakit yang ada di sana.

Di antaranya, Mohammad Syuaib Abdul Rohim di KKHI Madinah, Sukmahaidani di KKHI Madinah, Zahit Abdillah KKHI Makkah, Mohammad Syuaib di RS Al-Anshor, dan Misrin Darius di RS Al-Anshor. (aya)

Update