batampos.co.id – Nasib malang menimpa Riyanto, 40, warga Sungai Pasir, Kecamatan Meral, rumahnya menjadi korban pencurian Selasa (15/8). Kejadian berlangsung saat rumahnya kosong.

”Korban, mengetahui kalau rumahnya telah menjadi sasaran maling saat baru pulang dari rumah mertua di Wonosari. Setelah membuka pintu dan masuk ke dalam kamar, korban terkejut melihat kondisi dalam keadaan berantakan. Selanjutnya korban melakukan pengecekan terhadap barang berharga dan semuanya hilang,” ujar Kapolsek Meral, AKP Syaiful Badawi, Selasa (15/8).

Barang-barang yang hilang, kata Badawi, tujuh jam tangan berbagai merek dan tipe. Dua unit mesin pancing, dua parang panjang masing-masing berukuran 70 cm dan 30 cm. Kemudian, dua unit ponsel dan termasuk satu karton minuman ringan ikut disikat pelaku pencurian. Atas kejadian ini, setengah jam kemudian korban langsung membuat laporan tindak pidana pencurian.

Berdasarkan laporan yang dibuat korban ke polisi. Polisi kemudian melakukan pemeriksaan ke lokasi kejadian. Hasil dari keterangan saksi, akhirnya polisi berhasil menemukan pelaku pencurian hari itu juga.

“Saat dilakukan penangkapan, barang bukti masih utuh dan masih ada sama pelaku. Berdasarkan pengakuan pelaku, untuk bisa masuk ke dalam rumah korban dengan cara memanjat dari samping dan langsung masuk ke dalam rumah. Karena, kondisi rumah belum ada plafonnya,” paparnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata pelaku masih di bawah umur. Usia memang 16, tapi perbuatannya sungguh memprihatinkan. Untuk itu, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka polisi akan melakukan diversi yang melibatkan balai pemasyarakatan (Bapas), Dinas Sosial, korban dan keluarga korban. Intinya, agar pelaku yang masih di bawah umur dapat pembinaan dan tidak mengulangi perbuatan kriminal di masa mendatang. (san)

Respon Anda?

komentar