Pembangunan drainase mayor Bukit Cening, Daik Lingga, yang telah rampung dikerjakan. F Dinas PU Lingga untuk Batam Pos
batampos.co.id – Nelayan di Kampung Budus, Desa Merawang, Kecamatan Lingga, bakal bernafas lega karena sungai yang selama ini digunakan sebagai akses mereka menuju dan kembali dari laut di kampung mereka akan dilakukan pendalaman oleh Dinas PU Kabupaten Lingga.
Sungai tersebut selama ini menjadi akses bagi nelayan yang ada di Kampung Budus. Sementara, saat ini kondisi sungai tersebut mengalami pendangkalan sepanjang 1,3 kilometer. Untuk itu, nelayan sangat membutuhkan sungai tersebut agar dalam dan mempermudah nelayan melalui sungai tersebut.
Salah seorang nelayan di Kampung Budus mengaku sangat bersukur jika Dinas PU mengajukan anggaran untuk pelaksanaan pendalaman sungai di kampung mereka.
“Saat ini proyek pendalam sungai di Kampung Budus sudah masuk dalam tahap lelang,” ujar Kabid Pengairan Sumarno kepada Batam Pos, Rabu (16/8) pagi.
Lebih lanjut Sumarno mengatakan, proyek pendalaman sungai sepanjang 1,3 kilometer tersebut menyerahkan anggaran sebesar Rp 1,2 milyar lebih. Dia juga memperkirakan setelah proses lelang, kemungkinan proyek tersebut akan dilaksanakan pada bulan depan.
Pada tahun ini juga, Bidang Pengairan Dinas PU Lingga juga telah merampungkan pembangunan drainase mayor atau pembangunan paret berukuran besar di Bukit Cening, Daik Lingga. Pembangunan drainase mayor ini dilakukan mengingat kepentingan mendesak terkait keamanan bangunan sekolah dan lainnya.
“Ada bangunan sekolah di dekat sungai tersebut, karena takut rusak terkena abrasi,” ujar Sumarno.
Selain itu, kawasan daratan di seputar sungai Bukit Cening adalah berstruktur tanah pasir. Karena kondisi tersebut, air terbilang sangat cepat menggerus daratan dan mengakibatkan rawan longsot dan sebagainya. Begitu dengan kondisi banjir yang sering melanda kawasan tersebut jika hujan turun.
Bangunan drainase mayor sepanjang 120 meter dengan pagu anggaran sebesar Rp 500 juta. Bangunan drainase mayor ini juga telah selesai pada tahun ini. (wsa)

Respon Anda?

komentar