Pak Kadis bilang, untuk Tarik Turis Batam Andalkan Kemudahan Akses

batampos.co.id – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Pebrialin menyebutkan kemudahan akses menjadi penunjang kelancaran dunia pariwisata di Batam dan juga Kepri. Meskipun Batam belum memiliki objek wisata yang cukup banyak, namun kemudahan transportasi menjadi nilai jual pariwisata Batam.

“Kita unggul di sektor akses,” kata Pebrialin usai menghadiri upacara HUT RI di Dataran Engku Puteri, Kamis (17/8).

Menurutnya kemudahan akses terbukti dengan dibukanya penerbangan langsung dari Tiongkok dan Korea ke Batam. Sebelumnya, Kepri juga telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi andalan dengan branding Wonderful Riau Island.

“Batam bisa jadi pintu masuk wisatawan tentu memiliki akses yang cukup baik, hanya saja untuk destinasi pihaknya masih mengembangkan,” ujar mantan Kepala Dinasn PMP-KUKM Kota Batam ini.

Pemerintah juga membuat paket untuk menarik wisatawan ke Batam. Salah satunya menyediakan tiket murah bagi wisatawan Singapura dan Malaysia. Program yang mulai digelar Agustus depan ini menyediakan sekitar 60 ribu hingga 70 ribu tiket.

“Khusus ini spesial weekdays saja,” ujarnya.

Dia menambahkan majunya dunia pariwisata Batam tentu tidak lepas dari pelaku wisata yang ada di Batam. Saat ini pelaku wisata tengah menyusun paket wisata yang akan dijual ke luar. “Mereka tinggal tawarkan apa yang bisa dijual, nanti kita support tiketnya,” sebutnya.

Sejumlah pengunjung pantai Mirota Barelang Kecamatan Galang sedang menikmati suasana dan berenang di pantai tersebut. Sabtu (22/7). Panati Mirota merupakan salah satu tempat wisata panati yang sering dikunjungi baik oleh masayarakat Batam maupun wisatawan. F Cecep Mulyana/Batam Pos

Tiket kali ini tidak hanya murah, melainkan juga menawarkan paket gratis. Pebrialin mencontohkan satu agen berhasil membawa 250 orang dan mendapatkan 10 kuota gratis.

“Ini sebagai magnet, satu keluarga memboyong keluarga yang lainnya,” ungkapnya.

Dia menyebut langkah ini merupakan cara menarik wisatawan ke Batam, apalagi memasuki Agustus ini capaian wisman ke Batam cukup rendah yang hanya mencapai 40 persen dari target 1,9 juta wisman.

“Ini yang harus kita kejar, kita harapkan kita bisa mencapai target di akhir tahun nanti,” tutupnya.(cr17)

 

Respon Anda?

komentar