Penghormatan bendera merah putih saat upacara peringatan 17 Agustus di Coastal Area. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Karimun, kemarin (17/8) memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke 72 tahun. Bupati Karimun Aunur Rafiq sebagai Inspektur upacara, kemudian pembacaan teks Proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Karimun Bakti Lubis. Yang diikuti oleh para ASN dilingkungan Pemkab Karimun, TNI, Satpol PP, Polri, pelajar dan instansi vertikal lainnya.

“Selamat memperingati hari kemerdekaan RI ke 72 tahun. Mari kita jaga NKRI, terutama bagi generasi penerus, dengan tema kerja bersama,” ujar Bupati Karimun Aunur Rafiq usai mengikuti upacara kemerdekaan RI.

Pantauan di lapangan, saat pelaksanaan upacara hari Kemerdekaan di lapangan Coastal Area ratusan pasang mata menyaksikan proses upacara mulai dari pasukan pengibar bendera. Hingga, proses detik-detik pengibaran bendera yang dibawa oleh anak-anak pelajar kabupaten Karimun.

Usai upacara kemerdekaan RI, dilanjutkan atraksi yang dilakukan oleh TNI. Kemudian dilanjutkan, dengan penaburan bunga di jembatan tulisan Karimun dan penyerahan langsung oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq kepada 13 narapida yang ada di Rumah Tanahan (Rutan) Kelas II B Tanjungbalai Karimun sebanyak 13 orang.

Dan pada sore harinya, dilakukan hiburan rakyat yaitu panjat pinang yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Budaya Karimun sebanyak 17 tiang dengan berbagai hadiah yang diikat diatas pohon pinang. Walaupun, cuaca pada siang hari turun hujan namun antusias masyarakat untuk ikut panjat pinang cukup semangat.

Berbagai cara dan teknis mereka lalukan, untuk berlomba meraih pucuk pohon pinang yang telah disediakan oleh panitia. Dimana setiap pohon pinang tersebut ditanjabkan bendera merah putih ditengah-tengahnya.

“Seru bang, setiap tujuh belasanlah diadakan panjat pinang. Walaupun cuaca hujan, tapi tetap semangat kita,” ujar Yanto salah seorang peserta. (tri)

Respon Anda?

komentar