Selasa, 23 April 2024

5 Ribu Blangko e-KTP Selesai Dicetak

Berita Terkait

batampos.co.id – Sebanyak 5 ribu blangko e-KTP yang diterima Kabupaten Bintan, sudah selesai dicetak seluruhnya, dan sudah dibagikan ke 10 kecamatan.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan, Yudha Inangsa. Ia mengatakan pencetakan e-KTP ini sudah selesai sejak awal Agustus lalu.
“5 ribu blanko yang kita terima dalam tiga tahap seluruhnya sudah dicetak dan sudah kita distribusikan ke masing-masing kecamatan,” jelas Yudha, Jumat (18/8).
Yudha menuturkan dari e-KTP yang selesai dicetak, tentunya keseluruhan e-KTP itu merupakan permohonan lama yang sudah menumpuk sejak April tahun 2016 lalu. Dimana lebih diprioritaskan bagi pemula yang ingin  membuat e-KTP untuk pertama kalinya.
“Tercatat di kami yang baru diselesaikan dari 5 ribu blanko ini, hanya masih yang pemohon pemula untuk tahun sebelumnya. Sedangkan pemohon pemula yang masuk tahun ini (2017, red) tercatat sudah mencapai 7 ribuan berkas. Dan dipastikan pecetakannya harus menunggu blanko tahap selanjutnya,” terangnya.
Ia menjelaskan e-KTP yang sudah didistribusikan ke masing-masing kecamatan itu, tentunya juga harus diaktifasi dulu oleh pemilik e-KTP tersebut.
Hal ini dikarenakan untuk mengaktifkan kembali data ulang  yang ada di dalam chip e-KTP tersebut. Apakah benar datanya sudah sesuai atau tidak.
“Warga sudah bisa langsung mengambil e-KTP di masing-masing kecamatan. Namun pas mau ngambil harus diaktifasikan dulu datanya kembali. Ini bisa dilakukan di kantor camat atau pun di Disdukcapil,” tuturnya.
Yudha menambahkan untuk tambahan blanko selanjutnya, pihaknya juga akan berusaha untuk berupaya melakukan koodinasi dengan Kemeterian Dalam Negeri (Kemendagri, red), agar blanko bisa segera terealisasi.
“Secepatnya kita upayakan untuk yang tahap pemberian blanko nanti. Kemendagri juga sudah berjanji akhir Agustus nanti kalau tidak ada halangan mungkin sudah didistribusikan. Mudah-mudahan bisa segera diakomodir,” imbuhnya. (cr20)

Update