Sabtu, 20 April 2024

Panggung Utama hampir Ambruk

Berita Terkait

Sejumlah pekerja sedang merapihkan perlengkapan di panggung Utama Pemko Batam, Jumat (18/8). Panggung tersebut sempat mau ambruk dan atapnya bolong akibat angin dan hujan deras. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Panggung utama dataran Engku Putri hampir ambruk, Kamis (17/8) sore. Beberapa kerangka besi panggung terlihat bengkok dan bagian tengah panggung turun. Selain karena cuaca yang buruk, tenda tambahan depan panggung utama disebut-sebut sebagai penyebabnya.

“Ada pula tenda tambahan, air yang tertampung dikain-kain bendera yang digantung luar biasa banyak juga,” papar Kepala Dinas Cipta Karya Suhar, Jumat (18/8) pagi.

Padahal, kata Suhar, ada beberapa tiang penyokong yang belum terpasang. Karena, proyek yang menelan anggaran senilai Rp 800 juta lebih ini masih dalam proses pengerjaan.

“Kontraknya masih sampai September, Masih on progres. Artinya belum serah terima ke kami,” ucap Suhar.

Ia menyampaikan karena belum serah terima, pihak kontraktor bersedia menanggung kerusakan. Bahkan membangun ulang jika diperlukan. “Bagian tengah panggung, besinya bengkok,” ujarnya.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi menilai ada bagusnya pangung tersebut bermasalah sebelum serah terima, sehingga titik kelemahan panggung dapat diketahui.

“Kami minta kontraktor bongkar balik. Apa kelemahannya, dengan kejadian seperti ini kita akan tahu,” ucapnya.

Senada dengan Suhar, Rudi menyampaikan panggung tersebut sedang dalam pengerjaan dan belum diserah terima ke Pemko Batam.

“Artinya masih tanggungjawab kontraktor. Kami pakai kemarin, karena 17 Agustus,” ujarnya.

Di lokasi, untuk menahan bagian tengah panggung yang turun, kontraktor memasang tiga tiang penyangga. (cr13)

Update