Tanamkan Semangat Bekerja Bagi Kaum Muda

batampos.co.id – Peringatan hari jadi Praja Muda Karana (Pramuka) ke-56 tingakt Provinsi Kepri dipusatkan di Gedung Daerah, Tanjungpinang, hari ini, Sabtu (19/8). Untuk memberikan warna, panitia sudah merancang berbagai kegiatan khusus.

“Sejatinya, peringatan Dirgahayu Pramuka ke-56 akan digelar pada 14 Agutus lalu. Akan tetapi, karena sesuatu hal kegiatannya baru digelar besok (hari ini,red),” ujar Wakil Ketua Bidang Bimbingan Masyarakat dan Humas, Kwarda Kepri, Sardison menjawab pertanyaan Batam Pos, Jumat (18/8) di Tanjungpinang.

Menurut Saridon, panggung peringatan hari Pramuka tahun 2017 ini, menjadi media berekpresi bagi kader-kader Pramuka Kepri. Disebutkannya, diusia ke 56 tahun sekarang ini, Pramuka mengusung semangat “Bekerja untuk Kaum Muda, Mewariskan yang Terbaik Bagi Bangsa.”

Dijelaskannya, generasi pramuka saat ini kebanyakan diisi oleh adik-adik generasi milenial atau generasi yang cara berpikirannya sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Lantaran mereka adalah generasi adaptif dengan kemajuan teknologi, generasi yang sangat kreatif dan inovatif.

“Kita harus mendidik adik-adik pramuka bukan saja latihan baris berbaris, cara membangun tenda, atau membuat simpul tali saja,” papar Sardison.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pendudukan dan Catatan Sipil (BPMD Dukcapil) tersebut mengatakan, Pramuka Kwarda Kepri punya tanggungjawab besar dalam memberikan edukasi , baik itu dalam hal disiplin menggunakan media sosial yang positif dan yang produktif.

Ditambahkan Sardison, gerakan Pramuka harus memakai cara-cara yang kreatif, cara-cara kekinian, cara-cara yang dekat dengan generasi milenial untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air di dalam diri setiap anggota pramuka.

“Kita harus meninggalkan pendekatan-pendekatan lama yang tidak pas digunakan untuk generasi saat ini. Sentuhlah rasa cinta, bangkitkan rasa bangga generasi muda pada tanah airnya sehingga benar-benar tertanam di dalam diri setiap anggota gerakan pramuka,” tutup Sardison.(jpg)

Respon Anda?

komentar