F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kepri Trophy Off Road seri kedua kembali digelar dari 22 hingga 27 Agustus Sirkuit Tanah Melayu, Tanjungpinang. Hingga saat ini, sebanyak 185 orang offroader telah mendaftar dalam turnamen yang memperebutkan Piala Gubernur Kepri ini.

“Ini acaranya tak hanya mencari bibit-bibit berbakat offroad, tapi juga dalam ajang promosi pariwisata Kepri,” kata Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol Asep Akbar Hikmawa, Senin (21/8).

Ia mengatakan peserta yang datang dalam ajang tahunan ini, tak hanya dari Kepri saja. Tapi juga dari beberapa daerah seperti Riau. “Dan dari offroader dari Malaysia juga menunjukan minat atas acara ini,” ujarnya.

Nantinya tak hanya olahraganya saja ditampilkan, tapi juga mempertontonkan ke elokan alam di Kepualuan Riau. Even ini, kata Asep diharapkan dapat menarik perhatian wisawatan lokal maupun mancanegara.

Pimpinan Lomba, Lukito Rahardjo mengatakan total hadiah sebesar Rp 50 juta. Lalu juga ada berbagai dooprize menarik. “Ada tiga kelas yang diperlombakan,” tuturnya.

Sirkuit yang disediakan, diklaim Lukito memiliki kualitas skala nasional. Selain itu kontur tanah di sirkuit tersebut, sangat menantang dan memancing andrenaline para offroader. “Panjangnya ada sekitar 11 km,” ucapnya.

Ke depannya, kata Lukito pihaknya akan membuat acara serupa di Bintan, Lingga, Anambas atau daerah lainnya di Kepri. “Batamkan sudah, saat ini Tanjungpinang. Tahun depan, kami rancang di derah lain,” tuturnya.

Sementara itu Ketua IMI Kepri Usep Rs menyambut baik even ini. Ia sangat mendukung Trophy Off Road ini, menjadi kalander wajib yang diselengagrakan setiap tahunnya. “Terimakasih kepada Kapolda Kepri, event ini bisa terlaksana dan terus berlangsung ,” ujarnya.

Ia mengatakan bila even ini mendapatkan perhatian lebih dari regional maupun mancanegara, maka ada keuntungan yang didapat Kepri. “Wisatawan akan banyak yang datang. Mereka berbelanja disini, maka akan meningkatkan perekonomian masyarakat, baik itu hotel, rumah makan atau tempat lainnya,” ucapnya.

Usep meyakini Gubernur Kepri Nurdin Basirun akan terus mengagendakan kegiatan atau turnamen otomotif di Kepri.

“Baik itu offroad, rallywisata, balap motor, sprin rally, motocrooss,” pungkasnya. (ska)

Respon Anda?

komentar