Sejumlah peserta mengikuti gerak jalan Tri Juang 17 km di Tanjungpinang. F. Yusnadi/Batam Pos.

batampos.co.id – Pelakasanaan gerak jalan Tri Lomba Juang yang rutin dilaksanakan Pemko Tanjungpinang bersempena perayaan HUT Kemerdekaan tiap Agustus masih menjadi sesuatu yang ditunggu warga. Minggu (20/8) pagi kemarin jadi waktu pertama pelaksanaan lomba gerak jalan dengan jarak tempuh 17 kilometer.

Bagi kebanyakan warga, lomba gerak jalan ini memberikan hiburan yang menyenangkan. Bukan cuma menyaksikan keramaian yang tersaji di tiap-tiap tepi jalan yang jadi lintasan, tapi juga dihibur melalui semangat peserta yang ditampilkan dan juga kostum yang dikenakan.

“Tiap tahun pasti tak ketinggalan. Sekalian jadi hiburan kan. Tapi tahun ini lebih semangat nonton karena anak juga ikut jadi peserta,” tutur Heni, salah seorang penonton yang menyaksikan perlombaan bersama ratusan penonton lainnya.

Ramai, memenuhi trotoar jalan, para penonton tak hanya menyaksikan ratusan barisan yang melintasinya. Nyanyian lagu nasional maupun lagu daerah hingga lagu pop yang dinyanyikan peserta turut meramaikan suasana Minggu yang terik kemarin.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah sebelum melepas peserta lomba menuturkan, lomba gerak jalan bertujuan agar masyarakat memaknai nilai-nilai perjuangan. “Dan juga agar masyarakat mengisi kemerdekaan dengan prestasi”, sambung Lis.

Lis menuturkan, dari tahun ke tahun kegiatan Tri Lomba Juang ini pemko menekankan aturan bagi para peserta untuk menampilkan nilai-nilai pendidikan.

“Peserta sudah kita himbau agar tidak melanggar aturan, misalnya peserta laki-laki mengenakan busana wanita. Ini supaya nilai-nilai perjuangan tidak dinodai dengan hal-hal sepele,” ucap Lis. (aya)

Respon Anda?

komentar