Koordinator pusat kesehatan hewan Tanjungbatu, Yuriadi (kanan), bersama rekanya saat pemeriksaan hewan milik masyarakat. F. Imam/Batam Pos.

batampos.co.id – Sepuluh hari menjelang Hari Raya Idul Adha, kondisi hewan Kurban di Pulau Kundur dipastikan aman dari penyakit menular. Baik penyakit mulut maupun kuku (PMK). Selain sehat, seluruh hewan yang tersebar di Pulau Kundur juga sudah memenuhi persyaratan sebagai sebagai hewan Kurban.

Hal itu ditegaskan Koordinator Pusat Kesehatan Hewan Tanjungbatu Yuriadi, Senin (21/8) kemarin. Dikatakan, seluruh hewan Kurban yang ada di Pulau Kundur dipastikan aman dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Hal itu berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan di sejumlah tempat peternakan maupun di kandang milik warga yang ada di lima kecamatan.

“Sekarang sudah terpantau sebanyak 250 ekor sapi yang tersebar di lima kecamatan Kundur, Kundur Utara, Kundur Barat, Ungar dan Belat. Hewan qurban di Pulau Kundur dipastikan sehat karena dalam pengawasan kesehatanya selama ini, sehingga hewan qurban dipastikan bebas dari penyakit (PMK),” tegas Yuriadi.

Lebih lanjut dikatakan pihaknya juga selalu melakukan komunikasi antar peternak, masyarakat dan pemasok hewan. Selain itu atas peran aktif peternak maupun pemasok hewan untuk saling memberikan informasi tentang keadaan kesehatan hewan mereka. Sedangkan hewan yang datang dari luar pulau Kundur sebelumnya juga sudah disertai dengan surat keterangan kesehatan hewan dari asal hewan tersebut. (ims)

Respon Anda?

komentar