Jumat, 19 April 2024

Kodim Buka Seleksi Bintara PK Perbatasan

Berita Terkait

Calon Bintara prajurit karir sedang menjalani seleksi kesehatan di RSUD natuna. F. Aulia Rahman/Batam Pos.

batampos.co.id – Komando Distrik Militer (Kodim) 018 Natuna membuka pendaftaran calon Bintara prajurit karir.

Dandim 0318 Natuna Letkol Inf Ucu Yustiana mengatakan, tahun 2017 ini Natuna mendapat kuota penerimaan calon Bintara prajurit karir untuk perbatasan. Penerimaan calon Bintara ini dilaksanakan setiap tahun untuk penugasan di perbatasan.

Penerimaan calon Bintara ini, Kodim memiliki persyaratan khusus memprioritaskan putra daerah. Yakni Anambas dan Natuna. Dengan ketentuan lahir, pendidikan di Natuna dan Anambas.

“Saat ini penerimaan calon Bintara prajurit karir sudah masuk seleksi kesehatan, administrasi dan jasmani di RSUD Natuna. Tim seleksi langsung dari Korem 033 Wira Pratama,” kata Dandim, Selasa (22/8).

Saat ini Kodim sudah melakukan seleksi sebanyak 22 peserta calon Bintara prajurit karir. Terdiri dari 16 dari Natuna dan 6 peserta dari Anambas.

Dikatakan Dandim, sebagai daerah perbatasan. TNI AD tidak membatasi jumlah kuota penerimaan calon Bintara prajurit karir. Semakin banyak peminat, maka kuota penerimaan akan lebih besar.

Terkait dibangunnya Batalyon di Natuna, menurut Dandim, tergantung kebutuhannya untuk penempatan. Namun diharapkan nantinya putra daerah akan kembali bertugas di wilayah Natuna baik di batalyon maupun di Kodim.

“Bintara yang sudah lulus pendidikan di Medan, nantinya akan ditugaskan ke daerah. Seleksi calon Bintara prajurit karir juga tidak dipungut biaya, baik selama seleksi selanjutnya di Medan. Kami berharap seleksi calon Bintara setiap tahun meningkat,” sebut Dandim.(arn)

Update