Poster Sultan Mahmud Riayat Syah saat memimpin Kesultanan Lingga diperkenalkan pada event tingkat Provinsi Kepri. F. Dok Batam Pos.

batampos.co.id – Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) telah menyimpulkan, ada dua kandidat yang layak untuk menyandang status Pahlawan Nasional tahun 2017 ini. Mereka adalah Sultan Mahmud Riaayat Syah (SMRS) III dari Provinsi Kepri dan Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Dari 10 nama yang masuk dalam daftar sidang TP2GP, hanya dua nama itulah yang direkomendasikan ke Presiden Jokowi,” ujar

Ketua Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kepri, Abdul Malik menjawab pertanyaan Batam Pos, Selasa (22/8) di Tanjungpinang.

Menurut Dekan, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang tersebut, tidak ada catatan sedikitpun yang dialamatkan kepada SMRS. Malik menegaskan, dengan demikian tidak ada yang catatan bagi Sultan untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional pada 10 November mendatang.

“Kita berharap, Bapak Presiden bijak dalam membuat keputusan. Artinya untuk lebih adil, alangkah baiknya kedua nama tersebut disematkan gelar pahlawan nasional tahun ini,” harap Malik.

Meskipun demikian, apabila Presiden memutuskan hanya satu nama, dirinya tetap optimis, SMRS berada digaris terdepan untuk mendapatkan gelar tersebut. Menurutnya, usulan sekarang ini adalah merupakan yang pertama dari Kepri. Menurutnya apabila mimpi ini terwujud, maka gelar pahlawan nasional bagi SMRS adalah hadiah istimewa bagi hari jadi Provinsi Kepri ke 15 tahun.

“Mudah-mudahan gelar pahlawan menjadi kado istimewa bagi hari jadi Kepri ke 15 tahun. Meskipun pengumumannya pada 10 November mendatang. Kita sudah melekatkan gelar, Pahlawan Griliyawan Laut pada Sultan Mahmud,” papar Malik.

Seperti diketahui, Sultan Mahmud Shah III merupakan sultan Johor-Riau-Lingga ke-16 pada 1761-1812 Masihi. Menurut sejarah, Raja Mahmud masih berusia setahun ketika dinobatkan sebagai Sultan menggantikan Sultan Ahmad Riayat Shah (Marhum Tengah) yang mangkat pada tahun 1761, dengan gelaran Sultan Mahmud Syah III.(jpg)

Respon Anda?

komentar