Jumat, 19 April 2024

Antisipasi Banjir, Usulkan Pembenahan Drainase

Berita Terkait

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi mengajukan usulan kepada Satuan Kerja (Satker) Balai wilayah Sungai Sumatera IV Provinsi Kepri, dan satker Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman Provinsi Kepri, untuk melakukan pembenahan drainase. Khususnya di lokasi jalan masuk Tanjunguban dan di simpang pintu masuk Kawasan Lagoi.

Ini dikarenakan permasalahan banjir yang kerap terjadi di Bintan. Salah satunya di lokasi tersebut. Hal itu disampaikannya Apri dalam rapat koordinasi bersama seluruh satker di ruang rapat Kantor Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bintan (BPPPD), Rabu (23/8).

“Kami sudah survei dan melakukan analisa. Terutama di kedua lokasi itu harus ada pembenahan. Kita minta agar kedua satker saling berkoordinasi dan bekerjasama dengan Pemkab Bintan dalam penyelesaian permasalah banjir yang sudah lama tidak terselesaikan,” ujar Apri usai menggelar rapat.

Apri mengatakan koordinasi itu tentunya harus dilakukan, mengingat status jalan tersebut merupakan jalan nasional. Menurutnya dari hasil survei diketahui penyebab banjir karena posisi laut lebih tinggi dibandingkan jalan, sehingga waktu hujan deras dan air laut juga pasang, sebagian marka jalan akan tertutup air.

Selain permasalahan banjir, Apri juga menyoroti pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Menurutnya, Pengelolaan SPAM harus punya standarisasi manajemen. Hal ini agar setelah diserahterimakan kepada desa/kelurahan, maka pengelolaannya dapat berjalan dengan lancar.

“Hingga saat ini ada sekitar 60 unit SPAM yang telah berdiri di Kabupaten Bintan. Standarisasi manajemen harus dilakukan, agar setelah diserahterimakan kepada desa/kelurahan pengelolaan SPAM dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak,” imbuhnya. (cr20)

Update