Rabu, 17 April 2024

PT Tenaris Kucurkan Rp 235 Juta untuk Siswa Berprestasi

Berita Terkait

Direktur Hubungan Industrial Tenaris Yanuar Tomy memberikan bantuan biaya pendidikan dari PT Tenaris kepada kepada masing-masing siswa pada acara Merit Award yang digelar di aula SMKN I Batam di Batuaji, Rabu (23/8) pagi. Foto. Eusebius Sara/ Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 84 siswa dari tujuh SMAN dan SMKN se Kota Batam mendapat bantuan biaya pendidikan dari PT Tenaris, Batam. Bantuan berupa uang tunai dengan total nilai mencapai Rp 235 juta itu diserahkan kepada masing-masing siswa pada acara Merit Award yang digelar di aula SMKN I Batam di Batuaji, Rabu (23/8) pagi. Setiap siswa mendapat bantuan sebesar Rp 2,8 juta.

Direktur Hubungan Industrial Tenaris Yanuar Tomy menuturkan, bantuan tersebut merupakan program rutin tahunan dari Tenaris untuk memberikan penghargaan kepada siswa-siswa SMAN dan SMKN yang berprestasi.

Siswa yang terpilih mendapatkan bantuan tersebut merupakan siswa berprestasi yang diseleksi berdasarkan nilai raport setiap semester. “Merit Award ini merupakan program sosial andalan perusahaan untuk mendukung peningkatan pendidikan di kota Batam,” ujar Yanuar.

Untuk tahun ini program Merit Award ini ditujuhkan kepada tujuh sekolah yakni SMAN I, SMAN 3, SMAN 8, SMAN 15, SMKN I, SMKN 5 dan SMKN 3. Masing-masing sekolah sudah dikoordinasi sebelumnya untuk memilih  12 siswa terbaik mereka untuk dapatkan penghargaan tersebut.

“Harapannya adalah agar tujuan pendidikan di Batam bisa berjalan dengan baik dan adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah terpacu untuk lebih giat lagi belajar,” tutur Yanuar.

Operation Region Director Tenari Paulo Sanvio menambahkan, pada tahun 2016 lalu, program Merit Award ini juga sudah berjalan untuk puluhan siswa dari enam SMAN dan SMKN yang ada dengan total bantuan sebesar Rp 194 juta.

“Ini akan jadi program rutin kami kedepannya, dan tidak menutup kemungkinan untuk menggandeng sekolah-sekolah swasta lainnya,” ujar Paulo.

Program ini sambung Paulo bertujuan membantu pemerintah dengan menawarkan solusi yang berkesinambungan dan sejalan dengan program investasi sosial.

“Semua prakarsa kami mencerminkan kami bagi Indonesia dan komintas lokal. Program ini juga kerja sama dengan dinas pendidikan di sini guna menjamin proses seleksi siswa yang akurat,” kata Paulo.

Edison Luhut Panjaitan salah satu siswa dari SMKN 5 Batam yang beruntung mendapatkan penghargaan itu mengaku sangat terbantu. Segala upaya dan jerih payahnya untuk belajar yang sungguh-sungguh di sekolah tidak hanya dibayar dengan prestasi yang didapatnya tapi juga dengan bantuan tersebut.

“Ini cukup baik, karena akan memotivasi kami agar tetap rajin belajar kedepannya. Belajar yang tekun ternyata banyak manfaatnya,” ujar Edison.

Untuk itu kedepannya Edison dan kawan-kawannya yang lain berharap agar program tersebut terus berkesinambungan dan bisa ditiru oleh perusahaan lain untuk memperhatikan tingkat pendidikan di Batam secara umum.

Tenaris merupakan perusahaan pemasok utama untuk pipa tabung dan layanan terkait untuk industri energi dunia dan sejumlah aplikasi industri lainnya. (eja) 

Update