Jumat, 29 Maret 2024

Festival Bahari, Target 100 Yacht, 3.000 Wisman

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri, Buralimar menargetkan 100 kapal yacht dan 3.000 wisatawan mancanegera (Wisman) pada hajatan Festival Bahari Kepri (FBK) ke II nanti. Soft Opening FBK akan digelar di Karimun 13 September mendatang. Sementara rangkaian puncak FBK 2017 digelar 20 Oktober.

“Suguhan FBK tahun ini, akan kita kemas lebih berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena akan melibatkan beberapa daerah, bukan hanya Tanjungpinang,” ujar Buralimar Batam Pos, Kamis (24/8) di Tanjungpinang.

Menurut Buralimar, soft opening FBK dilaksanakan pada gelaran Joged Dangkong. Selain itu juga diagendakan beragam kegiatan yang tergabuing dalam annual event milik Pemko Tanjungpinang, seperti Dragon Boad Race, Festival Sungai Carang, Parade Drum Band, dan Parade Mobil Hias. Kegiatan-kegiatan itu nanti akan dikolaborasikan dengan Kepri Carnival. Nanti, pihaknya melibatkan peserta-peserta dari luar neger untuk ikut dalam Kepri Carnival.

“Target kita tahun ini adalah mendatangkan 100 kapal yacht dan 3.000 Wisman. Makanya kita buat skenario mengundang peserta luar negeri pada Kepri Carnival nanti,” paparnya.

Mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kepri tersebut juga menyebutkan, untuk menyemarakan Kepri Carnival, pihak akan menampilkan kesenian-kesenian tradisional seperti Joged Dangkong Karimun, Tari Makyong, Natuna, dan Tari Gobang Anambas.

“Tahun ini menjadi spirit baru untuk kita menunjukkan kalau Kepri itu layak menyandang Gerbang Wisata Bahari Indonesia,” paparnya lagi.

Ditambahkan Buralimar, untuk memberikan daya tarik tambahan, pihaknya menampilkan atraksi jet ski pada puncak FBK. Untuk itu pihaknya berharap, kegiatan puncak FBK dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata. Apalagi, FBK juga masuk dalam rangkaian kegiatan Sail Indonesia.

“Setiap kegiatan-kegiatan akan kita pusatkan di kawasan Tepi Laut, Tanjungpinang. Karena kita inginkan, Tanjungpinang semarak selama kegiatan,” tutupnya.(jpg)

Update