Turis asal Tiongkok menikmati liburan di salah satu resorts di Lagoi. F.Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Kawasan pariwisata Lagoi tetap menjadi destinasi favorit  wisatawan di akhir pekan. Pengunjung terbanyak berasal dari Singapura dan Tiongkok. Disusul turis asal Malaysia, India dan turis dari berbagai belahan negara di benua Eropa dan Amerika.

Kadis Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira mengatakan, lebih dari 3 ribu turis menghabiskan waktunya di akhir pekan dengan berlibur di Lagoi. Terbanyak dari Singapura dan Tiongkok.

Luki mengakui, beberapa tahun belakangan promosi pariwisata gencar dilakukan untuk mengaet turis Tiongkok. Promosi wisata tidak semata dilakukan pemerintah, karena banyak agen perjalanan yang memiliki link langsung ke Tiongkok.

“Tiap resort juga berlomba-lomba menyajikan macam-macam fasilitas, baik olahraga, sea sports, kuliner dan event. Salah satunya mereka menerima paket wisata yang mengakomodir kelompok besar seperti baru-baru ini 600 turis Tiongkok menyerbu Lagoi di akhir pekan,” tuturnya.

Ia menambahkan, tahun lalu turis Tiongkok menyumbang kunjungan sekitar 19 persen atau kunjungan terbesar kedua dari total kunjungan turis sekitar 300 ribu kunjungan. Peringkat kunjungan teratas tetap disumbang turis Singapura dengan 26 persen.

“Data itu didapat dari turis yang masuk melalui pintu masuk pelabuhan saja. Tahun ini belum kami cek,” kata Luki.

Namun demikian, Luki memperkirakan tahun ini turis yang masuk ke Bintan lebih besar dari data itu. Karena, ada juga turis yang masuk melalui pelabuhan di Tanjungpinang untuk menginap di Bintan.

“Yang masuk lewat pelabuhan di Tanjungpinang, saya tak ada datanya. Karena wisatawan yang nginap di Lagoi, ada juga yang masuk melalui pelabuhan di Tanjungpinang,” katanya.

Untuk meningkatkan kunjungan turis Tiongkok ke Bintan, ia berharap ada penerbangan langsung dari Tiongkok ke Bintan. Analisa kementerian bahwa sekitar 80 persen turis masuk melalui bandara, sedangkan sekitar 20 persen melalui pelabuhan.

“Makanya kami berharap bandara di Lobam segera rampung, jadi bisa meningkatkan kunjungan turis Tiongkok ke Bintan,” tukasnya.

Sementara itu, Group General Manager PT Bintan Resorts Cakrawala (BRC) Lagoi, Abdul Wahab mengatakan, proyek pembangunan bandara Bintan Resorts Internasional Airport berjalan baik. Diharapkan, bandara rampung awal tahun 2019.

Adanya bandara, Abdul Wahab memprediksi, angka kunjungan tahun 2020 bisa mencapai sekitar 1 juta kunjungan. “Kami juga gembira karena angka pertumbuhan pengunjung ke Lagoi meningkat sekitar 8 hingga 9 persen per tahun,” katanya. (cr21)

 

Respon Anda?

komentar