Kamis, 28 Maret 2024

BLK Baru Akan Dibangun, Nasib BLK Lama Tak Jelas

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) akan segera membangun Balai Latihan Kerja (BLK) baru di Nongsa. Lalu bagaimana nasib BLK di Batuaji. Kemenaker telah berjanji akan memperbaikinya, namun sampai dengan saat ini tak kunjung terealisasi.

BLK Batuaji pada awalnya dibangun oleh BP Batam dan kemudian diserahkan kepada Yayasan Karya Bangsa. Deputi IV Robert Purba Sianipar mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan segera bertemu dengan Kemenaker untuk membahas pengelolaan BLK ini.

“Pertemuan dengan Kemenaker nanti adalah untuk menyelesaikan statusnya. Saat ini masih milik Yayasan Karya Bangsa,” ungkapnya.

BP Batam sendiri tidak bisa turun untuk mengelolanya karena BLK Batuaji tidak tercatat sebagai aset Kementerian Keuangan.”Di Pemko Batam juga tidak tercatat,” imbuhnya.

Sejak tahun 2009, BLK tersebut memang sudah tak menjalankan aktivitasnya lagi. Makanya BP Batam berharap pertemuan dengan Kemenaker nanti berujung pada penyelesaian masalah BLK ini. Apalagi Kemenaker pernah berjanji untuk membenahinya. Janji tersebut ada pada saat Menaker, Hanif Dhakiri berkunjung ke Batam beberapa waktu yang lalu.”Mengenai statusnya itu akan kita sampaikan nanti. Supaya bisa segera diambil alih Kemenaker agar bisa dimanfaatkan dengan maksimal,” harapnya.

Mengenai BLK baru yang akan dibangun Nongsa, Robert enggan banyak berkomentar. Tapi BP Batam akan mendukungnya.

“Kalau tak salah itu untuk bangun BLK maritim. Kami mendukung, gak ada masalah dengan itu,” ujarnya.

Sedangkan Pemko Batam juga enggan berkomentar banyak mengenai BLK di Batuaji karena memang bukan merupakan ranahnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemko Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan fokus mereka saat ini adalah bagaimana merealisasikan BLK baru nanti di Nongsa.

“Di India ada jurusan Diploma Electric Marine, sedangkan di Indonesia hanya ada elektrik saja. Ini yang harus dirincikan,” terangnya.

Ia yakin pembangunan BLK nanti akan berjalan seiring dengan pembangunan pusat fasilitas perawatan pesawat oleh Garuda di Bandara Hang Nadim. Intinya kehadiran BLK akan mendukung penyediaan tenaga kerja berkompetensi yang akan bekerja di Garuda nantinya.

“BLK itu nanti juga akan ajarin ilmu aviasi. Setelah lulus SMK, maka akan belajar aviasi selama tiga bulan disana,” katanya.

Dengan pembangunan BLK ini, diharapkan pengangguran di Batam dapat berkurang drastis.(leo)

Update