Kamis, 28 Maret 2024

Suhu Pilkada Semakin Memanas.

Berita Terkait

batampos.co.id – Meskipun pendaftaran pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang priode 2018-2023 digelar pada Januari mendatang. Akan tetapi suhu Pilkada Tanjungpinang semakin memanas.

Setelah resmi ditinggal Syahrul, Kandidat Pertahana, Lis Darmansyah tidak ingin kehilangan muka. Belakangan mantan lawannya di Pilkada lalu, Maya Suryanti dikabarkan mendaftar sebagai Wakil Walikota Tanjungpinang di PDI Perjuangan.

“Melihat isu yang berkembang sekarang ini, Pilwako Tanjungpinang akan semakin menarik. Dan itu realitas politik,” ujar Akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka menjawab pertanyaan Batam Pos, Jumat (25/8) di Tanjungpinang.

Menurut Endri, dalam politik semua kemungkinan bisa saja terjadi. Meskipun pada awalnya adalah rival politik, tetapi ada suatu momentum bisa membangun kekuatan politik bersama. Masih kata Endri, setelah adanya penegasan majunya Syahrul sebagai kandidat walikota Tanjungpinang, tentu menjadi perhitungan politik tersendiri bagi Lis Darmansyah. Karena sebagai kandidat petahana, Lis tentu tidak mahu kehilangan muka pada Pilkada nanti.

“Memang sampai saat ini, PDI masih menyimpan rapat-rapat nama pendamping Lis. Meskipun Ketua PDI Perjuangan Kepri, Soerya Respationo menegaskan, awal Agutus lalu nama kandidat sudah harus ada,” paparnya.

Dipaparkan Endri, meskipun Maya tidak terpilih pada Pilkada lalu, tetapi sedikit banyaknya ia sudah memiliki investasi politik. Karena banyak masyarakat yang sudah mengenalnya. Apalagi ditambah sosok Surya Tatik Amanan, tentu memberikan power politik dalam mengangkat elektabilitas Maya. Maka tak ayal, kalau Maya menjadi incaran sejumlah calon.

“Apabila ini benar-benar terjadi, peta koalisi juga bisa jadi berubah. Partai Politik juga sudah mengenal bagaimana sosok Maya, tentu itu akan menjadi pertimbangan tersendiri,” tutup Endri.

Terpisah, Ketua Fraksi PDI-P di DPRD Kota Tanjungpinang, M. Syahrial masih menyimpan rapat-rapat tentang informasi mendaftarnya Maya Suryanti ke PDI Perjuangan. Lantaran sudah menjadi komitmen dari PDI-P dalam pembukaan pendaftaran Bakal Calon (Balon) Wakil Walikota tidak untuk publik. Menurutnya, ada beberapa nama yang mendaftar sedang dalam proses untuk diserahkan ke tingkat DPD (Dewan Pimpinan Daerah, Kepri) hingga ke DPP (Dewan Pimpinan Pusat) untuk siapa yang akan di rekomendasikan.

“Nama-nama pendaftar tidak dapat disebutkan, dan belum bisa menjadi konsumsi publik. Yang jelas kita selektif, semua sesuai prosedur, dan nanti masyarakat akan tahu sendiri siapa yang kita usung setelah kita umumkan,” ujar M. Syahrial.(jpg)

Update