Hingga Juli, Baru Separuh Target Wisman Terpenuhi

Sejumlah wisatawan berakhir pekan di Kawasan Wisata Lagoi Bay Bintan, beberapa waktu lalu. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Hingga awal semester dua tahun ini, target kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Tanjungpinang baru separuh terpenuhi. Pada tahun 2017, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tanjungpinang menargetkan akan ada 102 ribu wisman yang plesiran ke Tanjungpinang.

“Sampai Juli kemarin, saya dapat laporan sudah 54 ribu lebih yang datang,” kata Kepala Disparbud Tanjungpinang, Reni Yusneli, kemarin.

Sudah jalan setengah tahun dan baru separuh target terpenuhi, membuat Disparbud Tanjungpinang harus bekerja ekstra agar dalam waktu yang tersisa bisa mengejar target kunjungan wisman tersebut. Reni berharap, festival-festival yang tersisa di semester dua ini dapat menggenjot angka kunjungan wisman ke Tanjungpinang.

Semisal, Festival Bahari Kepri yang kembali digelar tahun ini dan disejalankan dengan Lomba Perahu Naga. Reni meyakini, kegiatan bertaraf internasional ini dapat memberi dampak langsung terhadap kunjungan wisman.

“Sebab dilaksanakan bersama oleh kementerian, pemprov, dan pemko,” ujarnya.

Kemudian, sambung Reni, dengan dana yang terbatas juga akan dimaksimalkan untuk menggelar satu lagi festival budaya. Itu pun dengan catatan jika anggarannya memang benar-benar memungkinkan. Kalau pun tidak, akan coba diusahakan dengan menggandeng pihak ketiga untuk menggelar sebuah festival budaya bertaraf besar.

“Ya bagaimana pun kondisinya, kami harus optimistis dengan target (kunjungan wisman, red) itu,” pungkas Reni. (aya)

Respon Anda?

komentar