ilustrasi

PT Adhya Tirta Batam (ATB) memiliki kewajiban untuk menyalurkan suplai air ke pelanggan. Meski demikian, ada kalanya suplai air yang dialirkan ke pelanggan tidak lancar seperti biasanya. Khususnya pelanggan yang berada di elevasi tinggi dan berada di ujung pipa.

“Pelanggan ATB yang berada di wilayah yang tinggi pada saat tertentu kadang mengalami gangguan suplai, terutama saat kebutuhan pemakaian air di kawasan tersebut mengalami lonjakan cukup tinggi,” ucap Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB, Rabu(16/8).

Suplai air yang di alirkan ke pelanggan dilakukan secara gravitasi (air mengalir dari tekanan yang lebih tinggi ke tekanan rendah) dari tanki-tanki reservoir ATB yang berada di atas bukit.

Dengan konsep ini, pelanggan yang berada di daerah rendah juga diimbau untuk bisa lebih bertoleransi dalam mengkonsumsi air bersih. Mengingat dengan toleransi tersebut pelanggan di daerah tinggi akan bisa menikmati suplai air lebih cepat.

“ATB memiliki sekitar 15 tanki reservoir yang tersebar di Batam. Dimana tanki ini berfungsi untuk menyuplai air ke pelanggan dengan konsep gravitasi,” jelas Enriqo.

Saat ini total jumlah pelanggan perusahaan air bersih swasta terbesar di Indonesia ini sudah sekitar 269.833 pelanggan, sebagian kecil pelanggan diantarnya berada di elevasi tinggi.

Lokasi pelanggan yang berada di elevasi tinggi diantaranya berada di wilayah Bengkong, Tiban dan Sekupang hingga Batam Centre.

Wilayah Bengkong mulai dari Bengkong Indah, Bengkong Permai, Bengkong seken, Cipta Permata, Sei Panas, Kampung Belimbing, Baloi centre, Kampung Utama, Pelita 7, Batu merah, Sengkuang raya, Kav Melcem, Tanjung Uma.

Adapun untuk area Batam Centre mulai dari Buana Vista, Nadim Raya, Pemko Sekawan, Bukit Palm, Taman Raya, Buana Regency dan Sugih Raya.

Begitu juga untuk daerah Tiban dan Sekupang mulai dari Tiban Irene Atas, Tiban Palm, Delta Villa, Akasia, Riau bertuah 2, Tiban kampung, Tiban Ayu, Taman Sari Hijau Atas, Villa Diamond atas, Puri Malaka, Persero view dan sekitarnya.

Tentunya hal ini jadi sebuah tantangan untuk ATB agar bisa memberikan hasil lebih baik untuk suplai air. Mendukung hal tersebut, beberapa penguatan jaringan ke pelanggan terus dilakukan untuk dapat menguatkan suplai di kawasan tersebut.

“ATB terus memberikan pelayanan maksimal, beberapa pelanggan di elevasi tinggi secara bertahap dilakukan perbaikan-perbaikan ataupun penguatan jaringan untuk memperkuat suplai,” ujar Enriqo Moreno.

Dengan kondisi ini, tentunya pelanggan disarankan untuk bisa mempersiapkan tampungan air saat suplai air saat normal.

Sehingga saat terjadi gangguan suplai air, pelanggan masih bisa beraktifitas dengan cadangan air bersih yang di siapkan.

“Pelanggan yang berada di elevasi tinggi kami himbau untuk bisa mempersiapkan tampungan air, sebagai antisipasi saja saat terjadi gangguan suplai air, khususnya di saat jam-jam sibuk yang mengakibatkan aliran mengecil dan terhenti sementara waktu. Dengan adanya persediaan air yang cukup, pelanggan tetap bisa beraktifitas dengan air bersih,” harap Enriqo. (rilis).

Respon Anda?

komentar