Kabar baik datang dari Sabang, Aceh yang akan menjadi acara puncak Sail Sabang 2017. Daerah wisata unggulan di Nanggroe Aceh Darussalam ini bakal dijangkau dengan penerbangan internasional langsung dari Langkawi Malaysia.

“Penerbangan perdana charter flight Prima Air dari Langkawi-Sabang, dimulai pada tanggal 28 agustus 2017 dengan menggunakan pesawat Cessna Grand Caravan C2068 EX,” kata Supernady Sutomo, Kepala Perwakilan PT Gapura Angkasa Sabang yang ditunjuk sebagai ground handling penerbangan tersebut.

Lanjut Supernady, rencananya pesawat yang mampu beroperasi di segala cuaca dan first class ini akan mendarat perdana di Bandara Makmun Saleh Sabang pada tanggal 28 Agustus 2017 jam 12.00 wib dan keesokan harinya akan menuju Langkawi jam 10.00 WIB.

Sail Sabang 2017 sendiri rencanannya akan dilaksanakan pada tanggal 28 November 2017 di Sabang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang, Zulfi Purnawati menyambut gembira adanya direct flight menuju Sabang untuk mensukseskan gelaran Sail Sabang 2017.

“Terimakasih Prima Air, koneksi udara langsung menuju tempat diselenggarakannya Sail to Sabang ini akan memudahkan turis Malaysia datang ke even ini,” kata Zulfi Purnawati.

Saat ini, maskapai penerbangan Garuda telah menyambangi bandara Maimun Saleh seminggu dua kali. Hanya, Garuda Indonesia belum direct flight dari Jakarta ke Sabang, melalui Bandara Kuala Namu Medan dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72-600 dengan kapasitas 70 penumpang.

“Demi mensukseskan Sail to Sabang 2017, kami berharap semakin banyak maskapai penerbangan untuk memberikan dukungan jembatan udara, direct flight ke Sabang, sehingga jarak tempuh menjadi lebih singkat dan semakin menjadi daya tarik wisatawan untum berkunjung ke Sabang,” lanjutnya.

Selain transportasi udara, Transportasi laut juga dipersiapkan dengan menambah kapal penyeberangan berupa tiga kapal cepat sebanyak 3 trip/hari dengan jumlah 2.400 penumpang serta kapal ferry lambat untuk mengangkut logistik.

Dukungan fasilitas akomodasi juga disiapkan untuk menampung sekitar 5.000 tamu undangan pada event ini.

“Selain hotel yang sudah ada di Sabang, juga dipersiapkan penginapan apung kapal Pelni dan kapal yacht serta homestay sebanyak 19 buah dengan kapasitas 96 kamar,” urainya.

Sail Sabang 2017 akan digelar di Sabang (Pulau Weh), Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada 28 November – 5 Desember 2017. Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 akan difokuskan di empat tempat yaitu Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort, dan Titik 0. Untuk puncak acara akan diselenggarakan di Pasiran, Teluk Sabang yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga terus menggeber dan mengingatkan, waktu yang tersisa harus dimanfaatkan dengan baik. Persiapannya harus bisa efektif digunakan untuk koordinasi, roadshow ke sasaran originasi, atau ajakan untuk menarik kunjungan peserta hingga wisman datang dari luar negeri.

“Ini sangat bagus. Event ini bisa membangun dan mengembangkan kembali Kota Sabang sebagai kota wisata bahari dengan bentang lautnya yang indah,” ujar Menpar Arief Yahya.(*)

Respon Anda?

komentar