Selasa, 19 Maret 2024

Disdik Tambah 42 Komputer untuk SMP

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, akan fokus melakukan pembenahan fasilitas sekolah. Salah satunya dengan memprioritaskan pengadaan 42 unit komputer yang masuk dalam usulan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2017.

“Untuk APBD-P tahun ini kami lebih mengutamakan melakukan penambahan fasilitas yang masih kurang di setiap sekolah. Terutama melengkapi komputer di dua sekolah sebanyak 42 unit. Diantaranya, untuk SMPN 1 dan SMP 2 Bintan, sebagai langkah persiapan menghadapi UNBK tahun depan,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir, Selasa (29/8).

Tamsir mengatakan, anggaran yang diusulkan untuk pengadaan 42 unit komputer ini mencapai Rp 400 juta.

“Anggaran yang diusulkan tidak begitu besar, namun menjadi prioritas kita untuk direalisasikan secepatnya karena ini sangat dibutuhkan bagi siswa,” terangnya.

Ia menjelaskan usulan pengadaan komputer ini, tentunya di dasari dengan masih kurangnya fasilitas yang ada di masing-masing sekolah. Apalagi SMPN 1 dan SMPN 2 yang terpaksa harus menumpang di sekolah lain, untuk bisa melaksanakan UNBK yang sudah berlangsung kemarin.

“Kondisi ini tentunya sangat mengkhawatirkan, tapi kita tidak akan tinggal diam. Pemkab Bintan, akan terus berupaya melakukan pembenahan secara perlahan, agar semua kebutuhan yang diperlukan bagi siswa bisa terpenuhi,” ucapnya.

Selain pengadaan komputer, lanjutnya Dinas Pendidikan juga mengusulkan berbagai penambahan fasilitas lainnya, seperti penambahan Mobiler (meja,kursi) untuk seluruh sekolah, dengan mengusulkan anggaran sebesar Rp 300 juta.

Tak hanya itu, pelatihan K13 bagi siswa SD dan SMP juga diusulkan dengan anggaran sebesar Rp 400 juta, serta anggaran untuk sistem informasi pendidikan sebesar Rp 100 juta.

“Untuk tahun ini total APBD-P keseluruhan yang kita usulkan sebesar Rp 2,5 Miliar, sesuai dengan kemampuan APBD Bintan. Termasuk di dalamnya untuk kegiatan seminar pendidikan, PAUD, dan lainnya,” sebutnya.

“Mudah-mudahan usulan yang menjadi prioritas pada APBD-P ini nantinya bisa disetujui oleh DPRD Bintan, sehingga bisa segera direalisasikan secepatnya,” imbuhnya. (cr20)

Update