Jumat, 19 April 2024

Pak Menteri bilang Ada Penerimaan CPNS tapi Tak Bilang Kapan akan Dibuka

Berita Terkait

Pegawai Negeri Sipil dan Honorer Pemko Batam usai melaksanakan upacara  Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Asman Abnur mengungkapkan pihaknya akan kembali membuka formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Ia mengungkapkan ada sebanyak 60 formasi yang dibuka untuk mengisi posisi di kementrian, lembaga dan instansi pemerintah lainnya.

“Saat ini kami sedang menyusun rancangan penerimaanya. Tapi setelah rekrutmen di kehakiman, imigrasi, selesai,” katanya saat memberikan sambutan MoU Mall Pelayanan Publik, di Mapolda Kepri, Rabu (30/8).

Asman Abnur, tak menjelaskan secara detail kapan waktu pembukaan formasi CPNS itu. Ia mengatakan perekrutan itu nantinya, akan menggunakan cara baru.

“Kami akan lebih mengutamakan mahasiswa-mahasiswa yang lulus cum laude,” tuturnya.

Hal ini agar dapat meningkatkan kualitas CPNS yang akan direkrut.

“Sehingga kita bisa bekerja dengan orang-orang yang pintar. Agar bangsa ini jadi lebih baik lagi ke depannya. Akan lebih enak bekerja dengan orang pintar, kita tak perlu mengajarkan apapun lagi,” ujarnya.

CPNS yang direkrut juga, akan ditempatkan berdasarkan keahlian dan keilmuannya. Sebab dia melihat, dibeberapa pemerintah daerah penempatan tersebut bukan berdasarkan sesuai kualifikasi.

“Tapi kedekatan, karena memenangkan bapak itu jadi Bupati atau Walikota,” tuturnya.

Ia mencontohkan, pernah menanyakan latar belakang seorang kepala dinas perhubungan di suatu daerah. Ternyata Kepala Dinas tersebut dari lulusan S1 Pendidikan Agama.

Gimana mau mengurusi hal perhubungan, kalau tak mengerti seluk beluknya. Hal inilah yang ingin saya ubah,” ungkapnya.

Setiap tahunnya, kata Asman ratusan ribu orang PNS yang pensiun. Hal inilah yang menjadi dasar untuk perekrutan CPNS ke depannya.

“Jumlah PNS itu ada sekitar 4,2 juta orang, setiap tahun selalu ada yang pensiun,” tuturnya. (ska)

Update