Foto: Shutterstock

Banyak yang merasa kalau tidur di dalam pesawat sangat identik dengan pegal, kram, dan kesemutan. Tidak heran, karena memang kursi di dalam pesawat didesain untuk hemat tempat dan dibentuk se-efisien mungkin agar memuat banyak orang. Dalam kasus ini yang dibicarakan adalah kursi pesawat di kelas ekonomi.

Bagi sebagian orang memang kursi di kelas ekonomi sangat jauh dari kata nyaman. Segala jenis masalah otot pasti pernah dialami oleh orang yang merasakan tidur di dalam pesawat. Meski begitu, pesawat tetap menjadi pilihan transportasi terfavorit bagi sebagian orang.

Untuk rute penerbangan jarak pendek mungkin akan lebih mudah menahan masalah otot tersebut di atas. Namun, bagaimana dengan penerbangan jarak jauh yang bisa menghabiskan waktu hingga 12 jam lebih?

Sebenarnya, semua tergantung bagaimana perspektif dan pola pikir Anda, serta bagaimana Anda bisa menemukan titik nyaman dan trik untuk tidur lelap dalam pesawat.

Berikut ini ada tips untuk tidur nyenyak di dalam pesawat, terutama dalam penerbangan kelas ekonomi. Mari simak, siapa tahu bisa Anda tiru dan lakukan dalam penerbangan Anda nantinya.

 

1. Bawa dan gunakan bantal leher

ilustrasi

Bantal leher sangat berguna untuk menopang kepala saat tidur dalam posisi setengah duduk. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidur dengan posisi tubuh di ruangan yang terbatas akan membuat otot terasa kaku, terutama otot leher.

Beberapa kursi pesawat dalam penerbangan kelas ekonomi memang bisa diubah ke dalam mode rebahan. Akan tetapi, sekalipun sudah bisa rebahan tetap saja tidak bisa memberikan rasa nyaman dan membuat tertidur nyenyak sepenuhnya.

Ada satu hal yang mesti diketahui tentang bantal leher. Banyak sekali orang-orang yang masih salah kaprah dengan posisi penggunaan bantal leher. Pasti kebanyakan menggunakannya di belakang kepala.

Padahal, posisi yang benar adalah dengan meletakkan bantal leher di depan, tepatnya di bawah dagu. Jadi saat tertidur menunduk, kepala akan tersanggah dengan baik dan terhindar dari sakit leher belakang.

 

2. Buat kaki untuk lebih rileks

Saat duduk lama di dalam pesawat, kaki akan cenderung dalam posisi tertekuk. Nah, hal ini bisa membuat aliran darah menjadi tidak lancar yang kemudian akan menyebabkan kaki kesemutan hingga kram.

Selama penerbangan, coba untuk melepas sandal atau sepatu dan gunakan kaus kaki bersih. Tips yang satu ini tidak banyak yang mengetahuinya. Menggunakan kaus kaki bisa membuat kaki bebas berpijak di lantai pesawat tanpa takut kotor. Kaki juga bisa bernapas dengan bebas saat sepatu dilepas dan tetap hangat dalam suhu dingin di dalam kabin.

Asalkan, selama melepas alas kaki, hindari untuk meletakkan kaki di kursi depan karena itu sama saja mengganggu kenyamanan mereka dan mengambil hak mereka.

 

3. Tenangkan diri dengan mendengarkan musik

Foto: Shutterstock

Sebuah tidur yang nyenyak dan berkualitas bisa didapatkan apabila tubuh merasa tenang. Dalam penerbangan, kebanyakan orang terbiasa untuk mendengarkan musik. Jadi rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi karena hampir semua orang memang pasti melakukannya.

Saat akan tidur coba dengarkan musik yang lebih menenangkan seperti misalnya musik klasik atau pun akustik. Atau Anda juga bisa mendengarkan alternatif musik lain seperti suara white noise.

White noise adalah suara-suara halus seperti suara hujan, angin, ombak, suara dan lainnya. Sebagai info, sudah banyak penelitian para pakar yang membuktikan bahwa suara white noise mampu menetralisir suara yang mengganggu dan mampu memberikan ketenangan saat tidur.

 

4. Gunakaan masker atau penutup mata saat tidur

 

Foto: Shutterstock

Terkadang, saat tubuh merasa tidak nyaman secara langsung akan sulit untuk cepat tertidur lelap. Hal itu bisa juga disebabkan karena mata yang sulit terpejam. Terlebih lagi apabila ada cahaya-cahaya di dalam pesawat yang semakin membuat sulit tidur.

Gunakanlah masker atau penutup mata atau sleeping mask yang bisa membuat mata lebih rileks dan mendapatkan ketenangan maksimal. Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami sulit tidur, cobalah sleeping mask yang terbuat dari gel di dalamnya, sehingga memberi kesan sejuk di mata.

 

5. Atur posisi untuk tidur senyaman mungkin

Foto: Shutterstock

Percaya atau tidak, ada banyak posisi tidur di atas kursi pesawat. Posisi pertama, adalah meletakkan bantal di jendela pesawat lalu bersandar di sana. Posisi kedua, adalah dengan tidur di atas meja makan lipat di depan Anda, lalu meletakkan bantal atau benda apapun yang lembut dan empuk untuk menjadi tumpuan. Namun, usahakan untuk mengatur posisi dan lekuk tubuh agar tidak mudah pegal. Jangan lupa untuk membersihkan meja sebelum digunakan.

Sudah tahu kan bagaimana trik untuk mendapatkan tidur yang nyenyak di dalam pesawat selama penerbangan? Sekarang, tinggal rencanakan perjalanannya dengan beli tiket pesawat murah di Reservasi.com. Dapatkan diskon dan promo yang berlangsung setiap harinya! Klik Reservasi.com sekarang!

 

 

Respon Anda?

komentar