batampos.co.id – Warga Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing, berhasil menangkap satu orang pelaku pencurian dengan pemberatan yang terjadi di Kantor Lurah Harjosari, Ahad (3/9) dini hari.

Meski pelaku sempat melawan, namun warga bersama dengan anggota Kodim 0317 berhasil mengamankan pelaku lalu diserahkan ke Polsek Tebing.

Kapolsek Tebing, AKP Budi Hartono membenarkan, aksi pencurian dengan pemberatan di Kantor Lurah Harjosari yang dilakukan tersangka Hendi Sastria alias Endy,40. Pelaku berhasil diamankan berdasarkan informasi seorang warga, Bakhrul Ulum. saat itu ia sedang melewati jalan depan kantor lurah dan melihat ada pria yang menggunakan sepeda motor dengan wajah ditutup sebo dan juga membawa tas besar.

“Curiga dengan gerak gerik dan penampilan orang itu, warga tersebut langsung menghubungi teman-temannya dan melakukan pengejaran ke Jalan Poros,” ujar Budi.

Saat diamankan, pelaku sempat mengeluarkan pisau. Tapi, akhirnya warga bersama dengan anggota dari Kodim berhasil mengamankan pelaku. Selain itu, pelaku nyaris jadi amukan warga yang melakukan pengejaran.

”Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku telah membongkar Kantor Lurah Harjosari dengan menggunakan peralatan yang dibeli secara online. Salah satunya alat pembuka gembok. Selain itu, kita juga menemukan peralatan pendukung lainnya, seperti linggis, obeng dan pisau untuk mempertahankan diri. Barang-barang yang hilang terdiri dari kantpr lurah yang berhasil disita berupa CPU, monitor, power saver, laptop, printer dan keybord. Totol kerugian mencapai Rp 7 juta,” papar Budi.

Lurah Harjosari, Fatwa Lukmana secara terpisah menyatakan, dia baru selesai membuat laporan pencurian yang terjadi di kantornya ke Polsek Tebing.

”Pencurian di kantor saya bukan baru pertama kali terjadi. Sejak menjabat pada Januari 2017 sampai dengan saat ini sudah empat kali kebobolan. Yang terakhir 90 kg beras miskin yang hilang. Memang, sejak kemalingan, seluruh pintu dan jendela sudah dipasang teralis. Hanya saja, lokasi kantor sepi, sehingga memudahkan maling untuk beraksi. Untuk kejadian yang saat ini, beruntung ada warga sekitar yang melihat dan menangkap pelakunya,” ungkap Fatwa. (san)

Respon Anda?

komentar