7 Manfaat Buah Durian

ilustrasi

Ada beberapa manfaat buah durian yang mungkin belum diketahui secara umum oleh beberapa orang penyuka buah tropikal ini. Berikut ini merupakan manfaat buah durian:

Mencegah sembelit

Buah durian memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, serat tidak bisa dicerna oleh manusia. Oleh karena itu serat akan merangsang aktifitas usus, sehingga sangat membantu pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah penuh serat ini, maka kita bisa terjauhkan dari sembelit.

Memperkuat tulang dan sendi

Manfaat buah durian yang lain adalah memperkuat tulang dan persendian. Hal ini dikarenakan buah durian memiliki kandungan zat potasium dan kalsium, sangat bermanfaat uneuk menjaga kesehatan tulang dan persendian.

Sumber energi bagi tubuh

Satu porsi buah durian, mampu mencukupi 20% dari kebutuhan karbohidrat seseorang (dewasa), sehingga buah ini sangat efektif untuk menambah energi yang digunakan tubuh untuk beraktifitas. Selain itu dengan bertambahnya energi, tubuh juga tidak mudah lelah dan lesu.

Menjaga kesehatan otot dan syaraf

Buah durian juga memiliki kandungan thiamin yang tinggi, bahkan satu porsi buah durian memiliki 30% kebutuhan asupan harian thiamin untuk orang dewasa. Selain bermanfaat untuk memetabolisme karbohidrat yang masuk menjadi energi, zat ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan otot dan saraf.

Mengatasi anemia

Kandungan asam folat dan vitamin B9 di buah durian menjadinannya sebagai salah satu produser sel darah merah yang baik, sehingga membantu mereka yang memiliki penyakit kekurangan darah.

Menjaga kesehatan kulit

Buah durian memiliki kandungan vitamin C, salah satu zat vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan kulit dan membantu menyegarkan badan. Selain itu vitamin ini juga sangat berperan penting sebagai anti oksidan yang bagus menjaga kerusakan sel kulit.

Mencegah depresi

Manfaat buah durian lain adalah mencegah depresi. Memiliki kandungan tryptophan yang mampu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga sangat cocok untuk mereka yang sedang depresi atau imsomnia.

Respon Anda?

komentar