Ciptakan Signature Coffee, dan Kedai Kopi Anda akan Langgeng

ilustrasi

batampos.co.id – Pada ajang Jakarta Coffee Week 2017 di HYPE Project Pantai Indah Kapuk, para pebisnis kedai kopi unjuk kreativitas dan kesuksesan mereka. Mereka juga berbagi tips agar tetap eksis menunjukkan inovasi di tengah industri kopi.

Project Officer Jacoweek 2017 dari ABCD of School Coffee Rastri Kusumaditra memberikan berbagai tips agar kedai kopi tetap bertahan dan sukses. Menurutnya, setiap kedai kopi harus bisa membuat minuman signature atau paling khas dari masing-masing kedai kopi.

“Sehingga orang akan datang kejar minuman signature itu,” tegasnya kepada JawaPos.com di lokasi, Minggu (10/9).

Faktor lainnya yakni lokasi. Misalnya memberikan fasilitas parkir dan dekat dengan sekolah atau kampus. Kemudian fasilitas WiFi juga menjadi hal yang wajib.

“Lalu profesi barista itu sudah tak bisa dipandang sebelah mata. Mereka punya keahlian, ya bolehlah bisa menjadi menantu idaman,” katanya tertawa.

Hal senada dikatakan pemilik Rostery Goat Coffee Farouq Al Ghazali. Imej yang ingin ditampilkan produknya di mana seseorang menilai kopi dengan keajaiban nilai historinya. Setiap kopi memiliki cerita dari setiap kebunnya.

“Kami ingin angkat story dari setiap kebunnya. Bukan dari rasanya doang karena itu akan tergantung pada preferensi orang. Yang paling adil adalah kami angkat story si kebunnya itu sendiri,” ungkapnya.

Pihaknya juga melakukan kurasi pada cerita setiap kebun kopi. Salah satunya cerita dari Kampung Aceh Kenawan.

“Orang kan tahunya kopi Aceh Gayo, namun ini ada satu kampung di Aceh Tengah yang ternyata memiliki kopi enak banget. Berbeda karakternya, lebih kompleks,” tuturnya.

Menurutnya, karena sudah menjadi industri, maka servis yang harus diberikan di setiap kedai kopi juga harus mengikuti skala industri. Salah satunya, harus memiliki konsep yang unik dan berbeda.

“Konsep secara keseluruhan. Servis apa yang harus diperkuat sehingga membuat orang terdorong untuk datang,” ungkap Farouq. (ika/JPC)

Respon Anda?

komentar