Jumaga Nadeak. foto:cecep mulyana/batampos

batampos.co.id – Lemahnya penyerapan APBD Kepri Tahun Anggaran (TA) 2017, menjadi sorotan tajam Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak. Menyiasati hal itu, politisi PDI Perjuangan tersebut meminta Gubernur Kepri, Nurdin Basirun melakukan evaluasi total terhadap kinerja setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kepri.

“Kita sangat mengharapkan gubernur melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja para OPD-nya,” ujar Jumaga Nadeak, Jumat (15/9) di Kantor DPRD Kepri, Tanjungpinang.

Menurut Jumaga, dari evaluasi yang dilakukan bersama, keberadaan APBD masih belum memberikan kontribusi yang positif bagi peningkatan ekonomi daerah. Persoalan tersebut disebabkan lemahnya penyerapan anggaran disetiap OPD yang ada di lingkungan Pemprov Kepri.

“Kalau memang kinerjanya tidak punya kontribusi yang baik, tidak ada salahnya melakukan pergantian posisi. Kita berharap APBD tahun ini penyerapannya optimal,” papar Jumaga.

Menyikapi sentilan Ketua DPRD Kepri tersebut, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan pihaknya terus melakukan evaluasi. Bahkan Gubernur mengklaim penyerapan anggaran sudah lebih baik. Ia tetap optimis, penyerapan anggaran tetap pada target yang sudah ditentukan.

“Evaluasi tetap kita lakukan. Kami juga sangat menginginkan hasil yang optimal dari anggaran yang sudah ada. Karena hasil yang baik adalah bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat,” ujar Gubernur di tempat yang sama.

Disebutkannya, dalam melakukan evaluasi, dirinya juga bekerjasama dengan Sekretaris Daerah (Sekda) dan Asisten-Asisten untuk melakukan monitoring terhadap kinerja masing-masing OPD. Ditegaskannya, dirinya bersama OPD bekerja siang malam untuk memberikan yang terbaik.

“Sebenarnya kita bekerja sudah maksimal. Tetapi untuk penyerapan anggaran, memang ada proses yang harus kita lalui,” papar Gubernur.(jpg)

Respon Anda?

komentar