Selasa, 19 Maret 2024

Pesona Tanah Lot, Ubud dan Uluwatu Bius 250 Delegasi ITMF

Berita Terkait

Bali kembali kedatangan tamu-tamu istimewa. Para opinion leader International Textile Manufactures Federation yang jumlahnya menembus angka 250 orang dari 29 negara kumpul di Nusa Dua, Bali. Tak hanya meeting. Ratusan orang yang ikut memboyong seluruh anggota keluarganya tadi ikut berwisata di best destination 2017 versi TripAdvisor itu.

“Sejak di Bali dari 14-16 September 2017, tak ada peserta yang mengeluh. Semuanya happy lantaran selesai meeting semuanya diajak leisure di Tanah Lot, Ubud dan Uluwatu,” tutur Executive Secretary Boards of Directors Indonesia Textile Association E.G Ismy.

Even MICE yang didukung Kementerian Pariwisata itu memang sukses membius 250 delegasi International Textile Manufactures Federation dari 29 negara. Di hari pertama saja, Kamis (14/9), semua langsug diajak berpetualang di Tanah Lot.

Destinasi yang satu ini sudah pernah dikunjungi Wakil Presiden India Muhammad Hamid Ansyar,
selebritis Turki, artis-artis Korea hingga kontestan Miss World 2012 dan 2013.

“Tanah Lot sangat keren. Penataan kawasan wisatanya lebih mengedepankan nuansa religius yang dipadukan dengan panorama dan
keindahan alam,” ujar President ITMF Jaswinder Bedi.

Pura Tanah Lot memang menjadi obyek wisata unggulan setelah Pantai Kuta di Kabupaten Badung. Panoramanya sangat indah, utamanya saat sunset. Saking eksotis dan sakralnya Pura Tanah Lot, Wakil Presiden India Muhammad Hamid Ansyar sampai menginstruksikan industri film Bollywood untuk syuting di tempat ini.

Sementara artis-artis Turki yang bermain di film Elif, ikut membagi keceriaan liburan di Tanah Lot di Kanal 7 (Turki), SCTV (Indonesia), OBN TV dan BNTV Sırpca (Bosnia) serta Kanal 5 (Makedonia).

Cerita Ubud lain lagi. Destinasi yang sempat dikunjungi Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama itu juga menebarkan sejuta pesona ke delegasi ITMF. Dari mulai sawah bertingkat, kerajinan tangan, hingga galeri-galeri seni, semua dieksplore habis oleh peserta ITMF.

Puncaknya, semua dibuat terpana oleh Sacred Monkey Forest Ubud. Kawasan yang hijau dengan balutan pohon besar, sejuk, ada air dan
suasana tropik, sukses membius delegasi ITMF.

“Sacred Monkey Forest memang istimewa. Mantan pemain bola dunia asal Manchester United, Luis Nani, pernah berkunjung ke sini. Begitu juga selebritis Hollywood Paris Hilton dan Julia Roberts. Ini pengalaman luar biasa bagidelegasi ITMF,” ujar Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti yang didampingi Kabid Promosi Wisata Pertemuan dan Konvensi Eddy Susilo.

Satu sihir lainnya datang dari Uluwatu. Sama seperti Ashton Kutcher, Mila Kunis, Justin Bieber dan Selena Gomez, ratusan anggota ITMF itu juga dibuat terpana dengan pesona Tari Kecak di Pura Uluwatu.

Sensasi menikmati tari khas Bali di tengah area pertunjukan bak koloseum dianggap sangat keren. Apalagi, tariannya disajikan saat sunset. “Semua kompak mengatakan sempurna!” timpal Eddy Susilo.

Bali juga terasa sangat istimewa di mata Menpar Arief Yahya. Menurutnya, Bali adalah contoh destinasi yang paling lengkap, baik
menyangkut atraksi, akses serta amenitas atau fasilitas pendukungnya.

Sebagai destinasi, Bali dinilai paling maju di Tanah Air, sehingga dinobatkan sebagai ikon pariwisata Indonesia. “Kemana saja Bali selalu
terlihat oke. Alam, culture, kuliner sampai baharinya sudah kelas dunia. Untuk delegasi ITMF beserta keluarganya, saya ucapkan selamat berlibur. Enjoy Bali!” ucap Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI. (*)

 

Update