Jumat, 29 Maret 2024

Rakyat dan Pemerintah Kepri Ikut Bantu Korban Rohingya

Berita Terkait

Gubernur foto bersama di Masjid Agung Al Hikmah, Tanjungpinang usai menyerahkan bantuan untuk korban Rohingya. F. Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun secara simbolis menyerahkan dana bantuan kemanusiaan untuk tragedi Rohingya, di Masjid Agung Al-Hikmah, Tanjungpinang, Ahad (17/9).

Nurdin mengatakan bahwa bantuan yang diserahkan ini merupakan upaya nyata masyarakat Kepulauan Riau untuk turut serta membantu meminimalisir beban yang didapat para pengungsi Rohingya.

“Banyak saudara-saudara kita disana yang menjadi imbas dari tragedi kemanusiaan tersebut, sebagai warga internasional kita harus turut andil dalam membantu meringankan beban mereka,” ujar Nurdin.

Nurdin melanjutkan banyak upaya yang dapat diberikan sebagai manusia jika menilik keadaan Rohingya saat ini. Jika tidak mampu turut serta kesana maka dengan bantuan fisik inilah yang menjadi jasa untuk mereka.

Tak lupa Gubernur berharap dari doa serta bantuan dari seluruh masyarakat Kepri ini dapat membantu meringankan Krisis dan tragedi Rohingya.

“Karena duka Rohingya adalah duka kita semua, mari kita berdoa agar warga rohingya segera dapat terlepas dari permasalahan ini,” lanjut Nurdin.

Nurdin mengapresiasi forum kemanusiaan yang mencetuskan diri untuk membantu menggalang dana di Kepri. Nurdin langsung meminta kepada Sekdaprov Kepri yang juga hadir pada kesempatan tersebut untuk membentuk tim panitia dari pemerintah untuk ikut serta membantu penggalangan dana di Kepri.

Dalam pada itu Ketua Forum Kemanusian Peduli Rohingya Provinsi Kepulauan Riau Ustaz Ahmad dalam laporannya mengatakan bahwa pengumpulan dana ini merupakan tahapan awal penyelenggaraan bantuan untuk Rohingya dan kedepan ada tahapan selanjutnya dan jika memungkinkan nantinya juga akan mengutus relawan-relawan dari Tanjungpinang yang bersedia untuk turun langsung ke lokasi di perbatasan Bangladesh.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa keadaan pengungsi di perbatasan Bangladesh semakin hari bukan membaik malah buruk, sebanyak 420 Ribu jiwa pengungsi disana, untuk itu kami tidak menutup donasi dan akan tetap membuka jika masih ada yang ingin ikut menyumbang,” ujar Ahmad.

Dari data yang didapat, pengumpulan dana sendiri sudah dimulai sejak Dua Minggu lalu sehabis melaksanakan Shalat Ghaib di Lapangan Pamedan saat itu terkumpul dana sebesar 26 Juta dan hingga hari ini sudah terkumpul dana sebanyak 322 Juta, untuk tahap pertama ini penyaluran dana sebesar 280 Juta yang akan dikirimkan langsung pihak Forum Kemanusian Peduli Rohingya Provinsi Kepulauan Riau ke lokasi perbatasan di Bangladesh.

Perwakilan MUI Provinsi Kepri Bambang Maryono mengucapkan terimakasih atas kinerja tim penggalang dana yang hingga saat ini terus semangat dalam menggalang bantuan yang ditujukan untuk pengungsi Rohingya.

“Kita tahu bahwa uang bukanlah segalanya, namun mungkin dapat digunakan untuk membantu para pengungsi di Rohingya, selain itu kita juga membutuhkan niat yang tulus serta tidak lupa berdoa,” ujar Maryono.

Dalam pada itu Ketua LAM Abdul Razak bersyukur saat ini Indonesia dengan keberagamannya, namun masyarakat nya dapat memahami perbedaan tersebut, tentu jika melihat saudara seagama di tempat lain sedang mengalami musibah, saat inilah masyarakat Indonesia khususnya Kepri untuk ikut turun tangan membantu mereka.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H. TS. Arif Fadillah
Wakil Walikota Tanjungpinang Syahrul, Asisten III M. Hasbi dan Kadis Perdagangan Burhanuddin, serta masyarakat Tanjungpinang. (bni)

 

Update